);
18/06/2013

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

LHK, Jadikan Aparatur Malas

Kurang lebih enam tahun, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menerapkan sistim Lima Hari Kerja (LHK). Sejatinya LHK diharapkan mampu menuntaskan setiap persoalan yang menyangkut pelayanan terhadap masyarakat lantaran setiap harinya ada penambahan beban kerja bagi segenap aparatur kita.

Namun, kenyataannya menjadi sangat tidak efektif manakala LHK menjadikan aparatur menjadi malas.

Tengok saja kebiasaan malas aparatur kita, ketika diberikan waktu istirahat siang selama satu jam yang dimulai pukul 12.00 hingga 13.00, namun kenyataanya sejam setelah itu kadang belum juga nongol di kantor, bahkan celakanya lagi ada yang tak balik sama sekali guna menunaikan tugas dan kewajibannya.

Baca Juga :  KPK Whistleblower's System

Kondisi ini terjadi di seluruh Instansi, memang tidak semuanya malas karena ada juga yang disiplin waktu.

Tapi penyakit malas menjangkiti sebagian diantara aparatur ini, apalagi yang mengidap penyakit ini adalah pejabat setingkat eselon, tak mustahil semuanya akan menjadi kebiasaan buruk yang silih berganti dipraktikkan.

Akibatnya pun terasa, tak jarang masyarakat yang menghendaki pelayanan secara maksimal dan segera tuntas menjadi sedikit mengeluh lantaran harus menunggu dan menunggu, apalagi kalau yang datang itu adalah masyarakat yang berasal dari pelosok KSB ataupun tamu dari luar daerah, rasa kesal dan sakit hati pastinya tak terelakkan.

Baca Juga :  Klaim Dapat Restu Zaini, Mala Rahman Resmi Lamar Partai Golkar

Padahal Wakil Bupati Sumbawa Barat, Drs. H. Mala Rahman telah menginstruksikan Inspektorat daerah Sumbawa Barat agar menindak dan mencari tahu setiap aparatur yang melakukan praktik tidak disiplin.

Apa penyebab, kemana tujuan, sehingga aparatur tersebut menjadi tidak disiplin. Bukan hanya pada persoalan besar, masalah kecil sekalipun Wabup mengajak dan mengingatkan bahwa sesungguhnya sikap disiplin mesti harus tertanam dalam diri segenap aparatur di KSB.

Tak cukup sekedar ajakan melihat kenyataan ini, semuanya mesti dimulai dengan kesadaran yang kuat dari masing-masing pribadi, karena sejatinya memang sebagai abdi Negara dan pelayan masyarakat, saatnya memberikan yang terbaik dalam menjalankan amanah. [*]

Baca Juga :  Pemerintah Tetapkan Target Pendapatan Dalam RAPBD 2015 Sebesar Rp. 748 Miliar Lebih
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar