Warga Talonang Nikmati Sumur Bor Tenaga Surya

Mala Rahman: Semoga Terawat dan Terpelihara

Taliwang, KOBAR – Wakil bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Drs H Mala Rahman, telah meresmikan penggunaan empat unit sumur bor yang merupakan program kerjasama antara Pemerintah KSB dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia yang menggandeng PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT).

Orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu berharap bahwa keberadaan sumur bor itu bisa membantu masyarakat dalam rangka penyediaan sarana prasarana air bersih dan sanitasi yang tersebar di Talonang kecamatan Sekongkang. “Semoga program yang dilaksanakan ini bisa terus berlanjut dan yang paling penting masyarakat merasakannya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu H Mala Rahman juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat secara langsung atas pelaksanaan program tersebut, apalagi program yang dilaksanakan itu menjadi jawaban atas persoalan yang dihadapi masyarakat. “Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” tuturnya.

Untuk diketahui bersama, program kegiatan tersebut telah direncanakan pada awal tahun 2014, dimana dimulai dengan proses pengajuan proposal oleh pemerintah melalui Bappeda. Proposal itu direspon pihak kedubes. Alhasil, program pembangunan sumur bor bisa berjalan sukses.

Kepala Bappeda, Dr Ir H Amry Rakhman M.Si, menyampaikan bahwa sumur bor program kerjasama itu menggunakan tenaga surya. Operasional lanjutan menjadi tanggung jawab masyarakat yang diberikan bantuan, sehingga diharapkan bisa dijaga dengan baik serta bisa menjadi pemenuhan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan itu H Amry, sapaannya belum bisa memastikan, apakah pengelolaan melalui pembinaan kelembagaan masyarakat oleh pemerintah melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait atau akan diserahkan penuh kepada masyarakat masih dalam diskusi dan mencari regulasinya. “Intinya, pekerjaan sudah rampung dan sudah ada serah terima, jadi mekanisme operasional akan dibahas berikutnya,” tandasnya.

H Amry menegaskan, keberadaan fasilitas air bersih diharapkan mampu memenuhi kebutuhan semua desa di Talonang. Harapannya, pendampingan atas pengelolaan fasilitas tersebut bisa memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. Prasarana tersebut sudah tersambung pipanya sampai kepada fasilitas umum seperti Masjid, Puskesmas Pembantu, Sekolah, Kantor Desa dan kebutuhan publik lainnya.

H Amry mengakui bahwa selama ini masyarakat Talonang kesusahan dalam mendapatkan air karena sumur yang cukup jauh dan terbatas. Pada musim kering, sumur tersebut tidak menyediakan air bagi warga. Dengan adanya 4 unit sumur bor yang memiliki kedalaman 80-an meter tersebut, dan ruangan cukup luas untuk menampung tenaga surya, maka kebutuhan masyarakat akan air bisa terpenuhi. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Harga jual gabah petani diprediksi akan terus anjlok, mengingat pada minggu pertama April…