Warga Keluhkan Kualitas Jalan Kabupaten

Taliwang – Ketua Asosiasi BPD Sumbawa Barat, Herman Jayadi, mengeluhkan kualitas jalan kabupaten yang ada di wilayah kabupaten sumbawa barat yang dinilainya sangat buruk.

Menurutnya, terlihat dari kondisi jalan di beberapa wilayah, seperti jalan  Taliwang – Brang Rea dan Taliwang – Brang Ene, yang belum lama dikerjakan tapi telah rusak, tanpa ada tindakan apapun dari pemerintah daerah setempat.

“Kondisinya sangat buruk, masa belum lama dibuat dan diperbaiki, kondisi jalan itu sudah rusak lagi,” ketusnya ke KOBAR, Ahad (8/4).

Buruknya kualitas jalan kabupaten di wilayah itu, kata Herman, menjadi cerminan kinerja pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada publik terutama akses jalan, apalagi tak jarang dikarenakan sarana jalan yang buruk akhirnya terjadinya kecelakan dan menelan korban. Sebut saja kecelakaan yang menelan korban jiwa, yang pada tahun lalu terlihat cukup tinggi di wilayah tersebut.

Pemerintah Daerah, menurut Herman, jangan hanya merencanakan proyek itu tanpa melakukan pengawasan yang ketat, karena lemahnya pengawasan bisa jadi akan menyebabkan buruknya kualitas dan akan menyebabkan pengeluaran yang berlebihan untuk perawatan dan perbaikan sarana jalan yang sama.

“Mestinya harus diawasi dengan baik, terutama DPRD, harusnya melihat itu sebagai persoalan yang serius, jangan justru melihat itu, lantas diam seolah-olah tidak pernah ada persoalaan dalam pengerjaan proyek jalan di Sumbawa Barat,” tukas Herman.

Terkait persoalan ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Bidang Bina Marga, Syafruddin BE, menjawab, bahwa pemerintah akan memperbaiki semua jalan kabupaten yang ada. Selain jalan kabupaten, Pemerintah Daerah kini sedang menghadapi pekerjaan rumah yang cukup banyak, yakni perbaikan jalan Propinsi yang rusak sepanjang  17,23 kilometer dari 86,13 kilometer total jalan propinsi yang ada. Serta negosiasi kepada pusat atas kerusakan jalan negara yang sampai saat ini masih belum disentuh oleh Pemerintah Pusat.

“Iya, memang cukup besar persentasenya, tapi kita akan mulai kerjakan tahap demi tahap pada tahun 2012 ini,” terang Syafruddin.

Diakhir pernyataannya, Ia bahkan berjanji, akan menuntaskan seluruh jalan di Sumbawa Barat dalam tiga tahun kedepan, atau tepatnya semasa periode kedua pemerintahan Kyai Zul.

Seperti diketahui, untuk memperbaiki jalan kabupaten yang mencapai ratusan kilometer tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mengalokasikan dana APBD sebesar ratusan milyar rupiah. Dikerjakan oleh PT AKAS dengan mekanisme proyek multiyears. [us]

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat, seperti juga sebagian saudara tuanya di Kabupaten Sumbawa  telah  berprofesi mengolah…