);

Universitas Cordova Buka 100 Beasiswa S1 Untuk Teknik Pertambangan

“Emas Dari Perut Bumi Siap Dipindahkan Ke Otak Manusia”

Taliwang, KOBAR – Kabar gembira datang dari Universitas Cordova (UNDOVA), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Perguruan Tinggi satu-satunya di bagian barat Pulau Sumbawa itu, membuka beasiswa Strata Satu (S1) bagi 100 orang untuk program studi teknik pertambangan.

Beasiswa tersebut diberikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Zulkieflimansyah SE MSc, sebagai jawaban Pemerintah atas kebutuhan tenaga kerja di Smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT), yang rencananya akan beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Bukan hanya itu, program beasiswa tersebut juga merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Penduduk setempat. Karena mempersiapkan SDM unggul untuk kemajuan daerah tidak boleh ditunda-tunda. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?. Kalau bukan kita, siapa lagi?.

“Dari dulu saya selalu mengatakan, mari kita pindahkan emas dari perut bumi kita ke otak putera puteri kita. Sebab emas dalam perut bumi KSB ini akan habis, tetapi otak manusia lah yang nantinya akan menciptakan emas,” kata Dr KH Zulkifli Muhadli SH MM, Rektor Universitas Cordova, di hadapan pejabat teras Pemerintah KSB, baru-baru ini.

Baca Juga :  Pemerintah Tidak Perpanjang IUP Eksplorasi Mangan PTCAL

Ia mengingatkan, bagi Warga KSB yang ingin memanfaatkan beasiswa yang ada di UNDOVA, agar segera mendaftarkan diri. Selain jurusan teknik pertambangan, tambah Kyai Zul, masih banyak jurusan lain yang tersedia di UNDOVA, yakni, teknik industri, teknik informatika, agribisnis, perikanan dan kelautan, serta ekonomi pembangunan. Kedepan akan dibuka jurusan ilmu hukum, pendidikan agama Islam dan PGSD.

Sementara itu, Amrussalam ST MT, Dekan Fakultas Teknik, Universitas Cordova, saat ditemui media ini, menjelaskan, jika masyarakat KSB mendaftar sebagai mahasiswa teknik pertambangan pada tahun ini, maka pada tahun 2023 mahasiswa tersebut bisa lulus dan resmi menjadi Sarjana.

“Kami persilahkan para calon mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di Universitas Cordova. Wabil khusus pada fakultas teknik pertambangan,” ujar Amrussalam.

Dengan belajar teknik pertambangan di UNDOVA, tambah Amrussalam, tentunya kedepan akan semakin banyak bermunculan tenaga ahli di bidang ini, di daerah ini. Dengan demikian, ketika Smelter PTAMNT beroperasi, sejumlah tenaga kerja ahli yang dibutuhkan, tidak harus didatangkan dari luar KSB.

Baca Juga :  Bansos Terhambat akibat Data Keluarga Miskin Kadaluarsa

“Melalui program beasiswa tersebut, masyarakat dan generasi muda KSB dipermudah untuk bisa mengecap bangku kuliah dan menjadi sarjana. Dengan itu pula, eksistensi perguruan tinggi di daerah kita semakin terjaga, dan mampu bersaing di tingkat ragional dan nasional,” tukasnya.

Namun ia berpesan, bahwa harapan takkan bisa menjadi nyata, jika mahasiswa yang bersangkutan tidak berkomitmen untuk menyelesaikan studinya tepat waktu.

“Melalui Universitas Cordova, generasi muda KSB akan mampu menyongsong masa depan yang lebih baik, demi NTB gemilang,” tutupnya. (kdon)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Oleh: Diena Frentika, S.Pd.Si., M.Pd. Jika mendengar kata kurikulum, kadang yang terlintas dalam benak kita…