UKM di KSB Masih Tertatih-tatih

Taliwang, KOBAR – Program pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dicanangkan pemerintah pusat belum dapat terealisasi dengan baik di Sumbawa Barat. Dalam hal pembinaan, instansi berwenang masih terkendala beberapa faktor penentu keberhasilan program. Faktor yang dimaksud adalah kurangnya penyuluh industri, legalitas produk dipertanyakan, kemasan yang tidak standar dan belum ada kemandirian pengusaha.

“Dari tahun sebelumnya kami sangat sulit merealisasikan pembinaan secara maksimal. Kekurangan penyuluh menjadi penentu kendala pelaksanaan program,” tutur Dimas Bayu Fajar B ST, Kepala Seksi Bidang Industri, pada dinas Disperindagkop dan UMKM Sumbawa Barat.

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya masih kekurangan petugas penyuluh. Sehingga pelayanan kepada usaha binaan belum sepenuhnya terlaksana.

“Kami masih melakukan pekerjaan  secara borongan, mulai dari pendataan UKM, penyuluhan,  sampai pembinaan pengembangan produk,” katanya seraya menambahkan, “Kalau jadwal pekerjaan kami meleset sedikit saja, kami tidak bisa mendata usaha mana saja yang aktif dan berpotensi dikembangkan,” imbuhnya.

Dimas menambahkan bahwa ada ratusan kelompok Usaha binaan dinas di seluruh Sumbawa Barat. Namun, pembinaan secara masif masih terfokus pada satu komoditi saja yaitu rumput laut. Rumput laut masih menjadi produk andalan daerah, bahkan sampai ke level nasional.

“Usaha rumput laut kita telah menjadi komoditi handal untuk sementara ini, mengingat hulu dan hilirnya sudah jelas,” ringkasnya.

Untuk menangani masalah ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait untuk bekerjasama.

“Ini kita lakukan untuk sinergitas Perkembangan UKM KSB yang memang masih melambat,” tandasnya. (krom) 

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Semangat Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat untuk mengadakan sarana publik setiap tahun anggaran memang patut disoal,…