Tolak Ijin Indomart dan Alfamart

Sekongkang, KOBAR – Informasi bahwa pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memberikan ijin operasional pasar modern yaitu Indomart dan Alfamart membuat masyarakat yang berada di lingkar tambang keberatan dan meminta untuk ditinjau ulang.

Pasar modern seperti itu dinilai akan mematikan perekonomian masyarakat sebagai pelaku usaha jual beli, sehingga asosiasi pengusaha mikro kecil menengah di kecamatan Maluk menyampaikan aspirasi itu kepada anggota DPRD KSB untuk diperjuangkan sampai ijin itu tidak diberikan, termasuk asosiasi itu sendiri akan mendatangi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM untuk menolak jika ada permohonan ijin.

“Saya memang pernah menerima aspirasi dari asosiasi pedagang di kecamatan Maluk, dimana mereka keberatan jika pemerintah memberikan ijin operasional pasar modern, karena jelas akan menganggu aktifitas pasar tradisional, dimana berujung pada berkurangnya pendapatan masyarakat itu sendiri,” ucap anggota DPRD KSB, Abidin Nasar SP.

Politisi asal kecamatan Sekongkang itu menegaskan, dirinya sepakat untuk meminta pemerintah meninjau ulang pemberian ijin operasional pasar modern, jika memang sudah diberikan atau menolak rencana itu. “Saya juga sepakat untuk meminta pemerintah meninjau ulang rencana pemberian ijin operasional pasar modern,” timpal politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Masih keterangan Abidin, penolakan itu sendiri bukan tidak mendukung investasi atau pembangunan pasar modern, namun kebijakan pemerintah harus juga mengacu pada kepentingan masyarakat. Jika investasi itu akan mematikan perekonomian masyarakat, maka tidak perlu ditoleransi lagi atau memberikan ijin operasionalnya. “Intinya, pasar modern akan berdampak pada perekonomian masyarakat, jadi harus ditinjau ulang ijinnya,” terangnya lagi.

Abidin berharap kepada pihak asosiasi dan masyarakat secara umum untuk tidak bereaksi apapun terkait informasi itu, karena yakin pemerintah akan memperhatikan aspirasi itu sendiri. Saya sendiri akan menyampaikan permasalahan itu kepada lembaga dewan, terutama komisi II, agar bisa bersama-sama mendesak pemerintah untuk menolak memberikan ijin.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, ada perusahaan yang telah mengantongi ijin Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dimana salah satu item kegiatan adalah aktifitas pasar modern (Indomart dan Alfamart), sehingga bisa jadi bahwa perusahaan sudah mengantongi ijin operasionalnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sangat serius untuk mengurai beberapa persoalan…