Tidak Ada Anggaran Panwaslu Untuk Pemilukada

Taliwang, KOBAR – Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak tertuang anggaran bagi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  Kabupaten Sumbawa Barat, sementara dalam  waktu dekat tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) dimulai.

Ketua Panwaslu KSB, Khaeruddin ST kemarin mengatakan, tahapan Pemilukada KSB yang berlangsung April 2015 mendatang dipastikan akan segera dimulai pada November 2014 ini. Namun sampai saat ini, Panwaslu belum mendapat pemberitahuan apapun, terkait kesiapan anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk mendukung tugas Panwaslu.

“Sejauh ini kami belum pernah diajak berkomunikasi terkait dengan anggaran untuk Panwaslu. Padahal November nanti proses dan tahapan pemilukada sudah berlangsung,” katanya.

Heru demikian disapa menjelaskan, pihaknya sudah mencoba melakukan pengecekan terhadap anggaran Pemda KSB terutama pada pembahasan APBD Perubahan tahun 2014. Tapi Panwaslu tidak melihat adanya mata anggaran yang disiapkan untuk mendukung tugas Panwaslu.

“Pertanyaan kami, tugas Panwaslu November nanti mau dibiayai dari mana. Sementara anggarannya tidak disiapkan,” sesalnya.

Sebaliknya, informasi yang diperoleh Panwaslu, Pemda KSB hanya melakukan koordinasi dengan KPU setempat terkait dengan estimasi dan kebutuhan anggaran untuk Pilkada. “KPU diajak koordinasi untuk anggaran Pilkada. Sementara kami (Panwaslu) dipinggirkan. Bagaimana proses Pilkada bisa berjalan baik kalau Panwaslu malah diabaikan,” lanjutnya.

Heru berharap pemda KSB tidak menutup mata terkait hal ini. Pasalnya, baik buruknya Pemilukada KSB tidak lepas dari peranan Panwaslu sebagai lembaga pengawas. “Bagaimana nantinya kami bisa bekerja kalau anggarannya saja tidak ada. Pemda harusnya sadar akan hal itu,” pintanya. (Kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

One thought on “Tidak Ada Anggaran Panwaslu Untuk Pemilukada

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Momentum progress report bakal kembali dimanfaatkan oleh kandidat calon Bupati Kabupaten Sumbawa Barat…