Sutet PLTU Kertasari Masih Terkendala Lahan

Taliwang, KOBAR – Pembangunan menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Perusahaan Listrik Negara (PTPLN) yang akan beroperasi di Kabupaten Sumbawa Barat pada sejumlah lokasi sejauh ini masih terkendala  pembebasan lahan. Rata-rata pemilik lahan enggan melepas tanah mereka sesuai harga beli PTPLN.

Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumbawa Barat, M Endang Arianto SSos MM, tidak menyangkal, belum rampungnya pembangunan Menara Sutet tersebut karena masih terkendala masalah harga pembebasan lahan.

Menurutnya, jika pihak PTPLN sebelumnya berkoordinasi dengan pemerintah setempat, mungkin proses pembebasan dan pembangunannya telah tuntas.

“Setelah ada masalah mereka baru berkoordinasi dengan kita (Pemerintah, red) meminta memfasilitasinya dengan pemilik lahan,” ungkapnya.

Sejauh ini lanjut Endang, masih ada sekitar 18 titik Menara Sutet yang belum dibebaskan lahannya. Tersebar di sejumlah lokasi meliputi, Desa Perjuk Kecamatan Taliwang, Desa Senayan Kecamatan Seteluk dan Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano.

Terhadap persoalan tersebut,  Pemkab Sumbawa Barat berkomitmen akan membantu PTPLN menyelesaikannya.

“Kita telah sepakat untuk menyelesaikannya secara bersama-bersama, dengan harapan sarana pendukung utama operasional PLTU segera rampung,” terangnya.

Langkah yang akan ditempuh dalam menyelesaikan pembebasan tanah tersebut dengan melibatkan warga pemilik lahan. Ruang mencapai kata sepakat masih terbuka lebar. Apalagi pembangunan Menara Sutet tersebut untuk mendukung kemajuan pembangunan daerah.

“Saya pikir ini masalah komunikasi saja. Masyarakat atau pemilik lahan tentu akan menerimanya jika disampaikan dengan cara yang benar,” ujarnya.

Perkembangan kebutuhan energi listrik di Kabupaten Sumbawa Barat sejauh ini memang semakin meningkat, seiring geliat investasi yang juga meningkat. Apalagi, ketersediaannya masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Fud: Pesona Sumbawa Barat Harus Mendunia Taliwang, KOBAR - Pelaksanaan event nasional Ziarah Tambora sebenarnya memiliki…