);

Sungai di KSB Positif Tercemar Merkuri

Taliwang, KOBAR – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mengantongi hasil uji laboratorium terkait tingkat pencemaran air sungai di wilayah setempat. Hasil uji lab tersebut menyebutkan beberapa aliran sungai sudah terpapar limbah merkuri.

Kepala Dinas ESDM, melalui Kasi Penambangan Umum, Trisman ST MM, menyatakan, hasil laboratorium yang dilakukan pihaknya bersama tim dari Universitas Gajah Mada berhasil menemukan adanya kandungan Hg (Merkuri, red) dari beberapa aliran sungai yang dijadikan sample. Bahkan, mulai dari aliran Sungai di Desa Moteng Kecamatan Brang Rea hingga aliran Sungai di Desa Serangin Kecamatan Taliwang (yang merupakan daerah sedimentasi pertemuan air sungai dan air laut), tetap ditemukan adanya kandungan merkuri di dalam air.

“Namun jumlahnya tidak melampaui  baku mutu kelas II sekitar 002 mg/L. Kisaran kadar merkuri yang ditemukan mulai dari 002 mg/l sampai dengan 1,72 mg/l di wilayah hilir,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati KSB Sampaikan Secara Global Capaian Pemerintahan

Meski demikian, rendahnya kadar merkuri tersebut bukan berarti tidak memberikan dampak negatif bagi perairan yang ada. Apalagi rendahnya kadar tersebut diakibatkan oleh adanya kekuatan dari sungai tersebut untuk melakukan pemurnian secara alamiah terhadap bahan-bahan kimia berbahaya ini.

“Oleh karenanya perlu dilakukan pengawasan yang lebih intensif untuk meminimalisir paparan merkuri ini. Sehingga aliran sungai yang ada selalu tetap terjaga,” timpalnya.

Menurutnya, dampak negatif yang ditimbulkan oleh pencemaran merkuri ini memang tidak akan langsung dirasakan, tetapi dalam  beberapa tahun kedepan. Selain merusak lingkungan, paparan Merkuri ini berdampak terhadap kesehatan.

“Ini harus menjadi perhatian bersama. Sehingga penggunaannya harus dapat diawasi,” pungkasnya. (ktas)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“Naik 11,44 % dari UMK 2016” Taliwang, KOBAR - Beberapa pihak yang dilibatkan Dewan Pengupahan dalam…