Sumbawa Barat Siap Terapkan e-KTP

Taliwang – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Drs. H. Mala Rahman, optimis pelaksanaan KTP elektronik (e-KTP) di Sumbawa Barat dapat diterapkan. “Saya yakin e-KTP bisa segera diterapkan di KSB,” kata Mala Rahman, di Lantai I Ruang Sidang Gedung Sekretariat Daerah, saat membuka rapat kerja Penerapan e-KTP yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dihadiri oleh Camat se-KSB serta instansi terkait.

Untuk diketahui, e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup.

Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk).

“Kita sadari Begitu pentingnya e-KTP dalam membantu mempermudah masyarakat nantinya dalam pengurusan surat menyurat dan perizinan,” tukas Mala Rahman.

Untuk keperluan e-KTP, masing-masing kecamatan membutuhkan seperangkat komputer, kamera, pemindai iris mata, alat sidik jari, dan pemindai tanda tangan. Jika kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis, maka diharapkan pekerjaan ini akan rampung sesuai dengan apa yang ditargetkan.

“Saya harapkan agar penerapan e-KTP harus dapat diselesaikan secepatnya dengan hasil yang memuaskan,” tegas Wabup, di hadapan para Camat se-KSB serta instansi terkait. [aj]

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang - “Bahwa suatu bangsa Akan bisa maju, akan bisa bangkit, akan bisa sejahtera apabila…