Suhu Politik KSB Bakal “Terpanas” di NTB

Nain: Bupati yang Sedang Menjabat Mesti Bijak Bersikap

Taliwang, KOBAR – Geliat politik menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal digelar pada Desember 2015 sudah mulai memanas di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), bahkan akan menjadi geliat politik terpanas di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Beberapa indikator sehingga diprediksikan bahwa politik di KSB bakal menjadi politik terpanas di NTB adalah, kandidat yang bakal maju sebagai pimpinan daerah adalah pejabat tinggi yang masih aktif dalam birokrasi pemerintahan. “Saya prediksi bahwa politik di KSB yang paling panas untuk pelaksanaan Pilkada di NTB tahun ini,” tukas dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Zulkarnaen MPd, kepada media ini kemarin.

Diingatkan kandidat doktor Ilmu Politik Pendidikan itu, ada kecendrungan kegaduhan politik yang akan terjadi, jika Bupati yang memimpin saat ini salah dalam mengambil sikap politik atau dukungan, mengingat beberapa orang yang dulunya pernah menjadi tim sukses telah menentukan pilihan masing-masing, namun prediksi itu akan buyar, jika masyarakat lebih cerdas dan berperan aktif untuk menjaga stabilitas daerah.

Masih keterangan pemuda asal Fajar Karya kecamatan Brang Ene itu, suhu politik KSB akan berlangsung memanas hingga penetapan pasangan calon masing-masing kandidat, karena saat ini masih dalam proses untuk mendapatkan partai politik (parpol) pengusung, sehingga wajar tensi suhu politik memuai, berbeda dari daerah lain, dimana para kandidat Bupati cenderung bukan pejabat yang sedang memimpin.

“Suhu politik KSB akan mulai surut saat masing-masing calon telah menetapkan pasangan, termasuk sudah mendapatkan rekomendasi keputusan parpol pengusung, karena saat itu masing-masing lebih konsentrasi untuk persiapan strategi pemenangan, namun geliat politik akan kembali memanas saat pesta demokrasi dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara,” bebernya.

Zulkarnaen sangat berharap kepada seluruh masyarakat untuk mampu memilah antara kepentingan politik sesaat dengan kerukunan hidup dalam lingkungan, karena cukup banyak masyarakat di daerah lain bertikai lantaran berbeda pilihan. “Saya berharap kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan gejolak politik yang muncul, termasuk meminta kepada seluruh kandidat yang akan berlaga untuk menjadi contoh terbaik, bukan menjadi pemicu gejolak,” pintanya.

Beberapa nama calon Bupati KSB yang sudah menggeliat saat ini adalah, Drs H Mala Rahman (wabup KSB), Dr Ir W Musyafirin MM (Sekda) KSB, Drs H Muhammad Nur Yasin (PNS aktif), Kusmayadi ST, SKM, MM, Mars (PNS aktif), Mustakim Patawari LM, (anggota DPRD KSB), Mancawari LM (anggota DPRD KSB) dan Andi Azis (Mantan calon Bupati periode sebelumnya), termasuk mantan ketua DPRD KSB, Drs Manimbang Kaharyadi. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

10 thoughts on “Suhu Politik KSB Bakal “Terpanas” di NTB

    1. Kalau ngga melek politik pasti jawabannya ” ah biasa aja” . Tapi kalau faham inilah geliat terpanas dalam sejarah politik Pilkada. Sekda berbenturan dengan wabup,Sekda berbenturan dengan Bupati,Sekda berbenturan dengan Ulama,sekda berbenturan dengan Birokrat. Adu kuat,Adu hebat strategi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) lebih memilih membangun komunikasi…