);

Selokan Puskesmas Taliwang Hambat Program STBM

“Dinas Kesehatan Angkat Tangan”

Taliwang, KOBAR – Selama beberapa bulan terakhir, UPTD Puskesmas Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dikeluhkan masyarakat sekitar. Kali ini, keluhan bukan terkait pelayanan terhadap pasien, tapi masyarakat mengeluhkan selokan yang ada di sekeliling Puskesmas, yang tertutup tanah sejak lama. Akibatnya, ketika curah hujan tinggi, maka air akan menggenangi pekarangan rumah warga sekitar Puskesmas. Dan sudah sekian lama, aliran limbah cair rumah tangga masyarakat sekitar dihambat oleh urukan tanah itu. Persoalan ini telah diadukan masyarakat kepada pihak Kelurahan. Namun hingga saat ini, tak kunjung beres.

“Iya mas, benar ada masuk laporan warga ke kelurahan terkait masalah selokan yang tertutup tanah. Kurang lebih sebulan yang lalu, saya sudah konfirmasi Kepala Puskesmas Taliwang terkait dengan keluhan warga kami, tapi di-iya-kan saja,” beber Husni Tamrin SAP, Lurah Kuang, Kecamatan Taliwang, ketika ditemui awak media ini, di ruang kerjanya, Selasa, (3/12).

Baca Juga :  Pemkab Sumbawa Barat Tanggapi Dingin Putusan Tailing Newmont

Kendati demikian, sambung Husni, setelah ditunggu selama seminggu, tidak ada tindakan apapun dari pihak Puskesmas. Sehingga dirinya mengutus Kasi Trantib dan stafnya untuk bertemu langsung dengan Kepala Puskesmas, meminta agar persoalan tersebut segera diselesaikan.

Husni Tamrin, S.AP.

“Kami dari kelurahan meminta agar tanah yang menutup selokan itu segera diangkat dan diperbaiki, karena posisinya salah. Seharusnya dibuatkan plat atau jembatan di atas selokan itu, agar air yang mengalir tidak terhambat. Bukan malah ditumpuk tanah di dalamnya. Itu kan salah!,” tukas Husni.

Husni juga menambahkan, bahwa sampai dengan sekarang, tidak ada tindakan apapun dari pihak Puskesmas Taliwang. Karena menurut hasil laporan bawahannya, pihak Puskesmas mengaku bahwa persoalan itu bukanlah wewenang mereka. Melainkan tanggung jawab Dinas Kesehatan.

“Dalam waktu dekat ini, saya akan kembali menemui Kepala Puskesmas. Kalau memang pihak Puskesmas tidak ada anggaran untuk perbaikan, maka kita akan mencari solusinya seperti apa. Karena ini sudah memasuki musim hujan, dan pastinya air akan terhambat dan rumah warga akan tergenang,” tandas Lurah Kuang.

Baca Juga :  Bupati Bentuk Tim Monev Proyek PL

Dikonfirmasi media ini, Kepala UPTD Puskesmas Taliwang, H Rofingi SKM, membenarkan, bahwa belum lama ini, dirinya telah didatangi pihak Kelurahan Kuang, guna meminta pihaknya untuk membereskan selokan yang bermasalah itu. Tapi ia mengaku bahwa persoalan itu bukan menjadi wewenangnya.

“Kami sudah sampaikan ke pihak Dinkes terkait keluhan tersebut. Karena memang itu areanya Dinkes. Dan akan segera diusahakan sebelum hujan,” tutur Rofingi.

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB, melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Sujiman SKM, kepada media ini, mengungkapkan, bahwa terkait masalah selokan di Puskesmas Taliwang, dirinya membenarkan bahwa hal itu memang menjadi tanggung jawab Dinkes. Namun dirinya mengaku, bahwa persoalan itu menjadi berlarut-larut, akibat terbentur anggaran. Apalagi, sambungnya, ada dua lokasi yang memiliki persoalan serupa.

“Kami belum bisa memberikan keputusan untuk perbaikan, maupun penyelesaian terkait keluhan tersebut. Namun kami akan anggarkan, apabila memang tahun depan ada anggarannya,” pungkas Sujiman.

Baca Juga :  Wabup KSB: PNS Harus Netral, Jangan Ambil Resiko

Seperti diketahui, selama setahun ini, Bupati Sumbawa Barat, dengan begitu semangatnya mengkampanyekan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Dari Desa ke Desa. Dari Kampung ke Kampung. Bahkan hingga ke pelosok sekalipun. Tapi ketika salah satu sarana kesehatan milik pemerintah bermasalah dengan salah satu pilar STBM, apalagi kontra produktif dengan animo masyarakat, pasti ada sesuatu yang salah. (kras) 

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah memaklumkan bahwa tahapan Pemilihan…