);

Sambil Rekreasi, Tim KREASI Rekam Data Penduduk KSB

Taliwang, KOBAR – Di tengah rendahnya minat masyarakat untuk datang merekam data diri mereka, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tak ingin mati langkah. Dinas ini terus berinovasi, guna memastikan seluruh warga KSB masuk dalam data kependudukan Republik Indonesia (RI). Sehingga sambil rekreasi pun mereka tetap bekerja untuk merekam data penduduk setempat.

Seperti disampaikan Kepala DISDUKCAPIL KSB melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (Kabid PIAK), Abdul Muis SSos Msi, kepada media ini, kemarin.

Kata Muis, saat ini pihaknya tengah berinovasi, selain program yang bersifat formal, pihaknya juga membuat program non formal. Seperti Program Kerja Sambil Rekreasi (KREASI), yang merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat Sumbawa Barat.

“Program KREASI merupakan layanan yang dilakukan di luar jam kerja, dengan fokus sasaran kerja pada area publik. Seperti tempat rekreasi atau tempat berkumpulnya warga pada hari libur,” jelas Muis.

Baca Juga :  DPC Hanura Layangkan Surat Permohonan PAW

Bukan hanya itu, kata Muis, Pegawai DISDUKCAPIL yang ikut serta dalam kegiatan ini dapat menikmati liburan bersama keluarga mereka sambil melakukan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan terhadap masyarakat.

“Pada kegiatan ini, kita layani masyarakat untuk membuat akta kelahiran, kartu identitas anak, perekaman KTP-el, dan dokumen penduduk lainnya,” papar Abdul Muis.

Kedepan, tambah Abdul Muis, progran ini akan dilakukan secara rutin, sebagai program dinas-nya dalam rangka memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, yang dilakukan ke desa-desa terpencil dengan suasana rekreasi.

“Sebagai lokasi tujuan, kita akan kunjungi pantai balad, taman tiang nam, komplek KTC, pantai Maluk dan lainnya,” beber Kabid PIAK.

Tambah Muis, upaya seperti ini dilakukan pihaknya dalam rangka mensukseskan Gerakan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan (Gerakan MATA) di KSB, dan pada akhirnya akan bermuara pada pemutakhiran database kependudukan, supaya menjadi lebih akurat dan aktual.

Baca Juga :  Bupati Minta Kantor Subkontraktor PT. NNT Direlokasi ke Dalam Kota Maluk

M Anwar, Warga Jelengah, Kecamatan Jereweh, salah seorang yang telah merasakan dampak program KREASI, saat ditemui awak media ini, di sela kegiatan KREASI yang tengah berlangsung, mengungkapkan kesannya.

Anwar menilai, apa yang dilakukan Dinas DUKCAPIL KSB untuk menjaring masyarakat demi tertibnya data kependudukan dengan Program KREASI adalah sebuah langkah jitu dan brilian.

Anwar meyakini, meski masyarakat masih acu tak acu, kedepan program ini akan diminati. Sebab tidak perlu harus ke kantor atau berpakaian formal untuk bisa mengurus data kependudukan.

“Saya barusan iseng menghampiri, saya coba tanya, ternyata bisa dibuat Kartu Identitas Anak (KIA). Kebetulan saya sedang liburan bersama keluarga. Tidak butuh waktu lama, KIA anak saya langsung jadi,” tukas Anwar, sambil berseri-seri. (kdon)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“SMPN 1 Taliwang Jadi Kelinci Percobaan” Taliwang, KOBAR - Sistem sekolah sehari penuh (Full Day…