Produk Lokal Tak Kunjung Nongol di Toko Modern

Taliwang, KOBAR – Sudah sekian tahun toko modern, seperti Indomaret dan Alfamart hadir di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), bahkan menjamur di mana-mana. Namun hingga kini, tak ada satupun produk lokal yang terpajang di etalase milik toko modern itu.

Seyogianya Pemerintah setempat mewajibkan mereka untuk menjual produk lokal. Sebab imbal balik dari pemberian izin operasional kepada mereka adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta ikut berperan aktif memajukan UMKM lokal.

Andi (36), warga Kecamatan Seteluk, mengungkapkan rasa kecewanya kepada awak media ini, saat dijumpai tengah ‘mengobrak-abrik’ sejumlah gerai toko modern di kota Taliwang, demi untuk mencari produk kopi lokal kesukaannya, yang tak kunjung ditemuinya di toko modern itu.

“Pantasan perekonomian di KSB ini mati, sebab produk lokal yang seharusnya dipajang di pasar atau tokoh modern yang masuk ke daerah kita ini tidak terlihat dijual,” geramnya.

Ia juga menambahkan, salah satu indikator yang harus dipenuhi oleh toko modern seperti Alfamart dan Indomaret untuk bisa menjalankan usahanya yakni dengan cara memberikan ruang kepada pengusaha lokal untuk memajang atau menjual produk-produk mereka.

“Agar masyarakat mendapatkan keuntungan yang lebih dari program pemerintah. Selain pemerintah daerah mendapatkan PAD, masyarakat juga akan ikut mendapatkan peningkatan ekonomi lewat produk-produk yang akan dijual,” ujar Andi.

Ketika demikian halnya, kata Andi, Pemerintah setempat dituding telah gagal menjalankan kerjasamanya dengan puluhan toko modern yang menjamur di bumi pariri lema bariri.

“Perlu ada ketegasan pemerintah sebagai upaya untuk menunjang ekonomi masyarakat, dalam bentuk memberikan ruang kepada pengusaha lokal untuk bisa memajang produk mereka di Alfamart ataupun Indomaret,” pungkasnya.

Untuk menanggapi persoalan ini, awak media ini telah berusaha menghubungi sejumlah pihak terkait. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Pilpres 2014: Jokowi 33,55 %, Prabowo 66,45 % Taliwang, KOBAR - Jelang pencoblosan 17 April…