Pola Beasiswa Untuk Mahasiswa KSB Berubah

Taliwang, KOBAR – Bantuan biaya pendidikan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kepada seluruh mahasiswa asal KSB yang diberikan setiap tahun dengan landasan hukum Peraturan Bupati (PERBUP), selama ini diseleksi dan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA), baik beasiswa untuk mahasiswa berprestasi maupun bagi mahasiswa yang tidak mampu. Namun mulai tahun ini, pola tersebut dirubah.

Ditemui media ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang (BAPPEDA LITBANG), melalui Kepala Bidang Sosial dan Budaya, (KABID SOSBUD), Budi Sunarko SE, menerangkan, bahwa penyaluran bantuan pendidikan dari Pemkab kepada  mahasiswa asal KSB dilakukan perubahan, terkait dengan mekanisme pendaftaran penerimaan berkas.

“Kalau dulu, baik beasiswa berprestasi dan tidak mampu, pendaftaran, seleksi dan verifikasi dilakukan oleh Dikpora, sekarang untuk beasiswa tidak mampu dialihkan ke Bantuan Sosial,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat verifikasi data. Terkait beasiswa berprestasi tetap Dikpora yang akan urus, dan akan diseleksi sesuai dengan standar IPK mahasiswa, dan sesuai dengan standar syarat IPK yang telah disepakati.

Sedangkan berkaitan dengan beasiswa tidak mampu, nanti akan diverifikasi oleh pihak Dinas Sosial, dan memastikan bahwa mahasiswa tersebut benar-benar tidak mampu.

“Ini hanya perubahan tempat pemgelolaan saja, supaya pihak Dikpora tidak kualahan, supaya sistem kerjanya cepat,” tukas Budi.

Dikonfirmasi media ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Drs H Mukhlis MSi, berkaitan dengan adanya perubahan tempat pendaftaran dan verifikasi penerima beasiswa tersebut, sejauh ini ia mengaku, bahwa pihaknya belum diberitahukan, dan belum ada surat perjanjian.

“Saya belum tahu terkait perubahan itu. Mungkin iya seperti itu, karena yang mengatur terkait hal itu ada di mereka,” kata Mukhlis.

Ia juga menambahkan, berkaitan dengan perubahan itu mungkin benar, namun hanya perubahan tempat pengelolaan saja, sebab aturan yang lain sudah diatur di Perbup. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Belum lama ini Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah melakukan program konversi Minyak Tanah (Mitan) ke…