Pol PP Mulai Tertibkan Pasar Liar

Taliwang, KOBAR – Penertiban pasar liar yang diinstruksikan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, langsung ditindaklanjuti Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Sumbawa Barat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Sumbawa Barat, Agus Hadnan SPd, menyatakan, pihaknya telah melakukan langkah persuasif sebagai langkah awal dalam menertibkan keberadaan seluruh pasar ilegal tersebut.

“Langkah awal, kami telah mendata sekaligus memberikan sosialisasi,” katanya.

Setelah melakukan langkah itu, pihaknya kata Agus, selanjutnya akan melayangkan Surat Teguran kepada seluruh pedagang yang bersangkutan. Dengan demikian, pedagang memiliki waktu untuk mempersiapkan diri saat akan dipindahkan ke Pasar Induk Tana Mira.

“Hal ini sesuai dengan SOP kami berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang penertiban,” imbuhnya.

Menurut Agus, jumlah pedagang liar yang telah didata pihaknya berjumlah lebih dari 30 pedagang. Jumlah ini berada di beberapa titik pasar liar yang tersebar di Kota Taliwang.

“Dari jumlah tersebut, para pedagang kebanyakan dari Taliwang,” tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, menyampaikan kekhawatirannya terhadap menjamurnya pasar-pasar liar yang bertebaran di beberapa tempat di KSB. Banyaknya pasar liar menurut Wabup, dapat mengurangi nilai estetika kota, sehingga pemerintah perlu menata keberadaannya dengan benar. Selain itu, permasalahan kebersihan pasar liar menjadi sorotan utama sehingga penertiban adalah keharusan bagi pemerintah.

“Keberadaannya berdampak pada estetika kota, jadi tidak ada alasan lagi untuk tetap dibiarkan,” tegas Wabup.

Alasan lain yang menjadi pertimbangan adalah pemerintah ingin memusatkan kegiatan jual beli masyarakat di pasar Legal (Pasar Tana Mira, red), yang dikelola melalui UPTD Pasar. Sehingga kontrol pemerintah terhadap aktivitas ekonomi pasar dapat dilakukan secara optimal.

“Ya, harus dipusatkan, sehingga pemanfaatan pasar induk dapat dimaksimalkan dan peningkatan ekonomi masyarakat dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan,” demikian Wabup. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Laporan dugaan penyimpangan dana Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2015 yang disampaikan Gerakan Masyarakat…