Pol PP ‘Angkat Tangan’ Soal Penertiban Pasar Bayangan

Taliwang, KOBAR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) nampaknya berada dalam posisi dilematis untuk menertibkan keberadaan Pasar Bayangan yang berada di seputaran eks lokasi Pasar Lama Kota Taliwang. Penegak Peraturan Daerah (Perda) ini mengalami kesulitan, karena baik pedagang maupun pemilik lahan (lokasi berjualan, red) masing-masing mengantongi izin.

“Kami tidak bisa melakukan penertiban. Pasalnya, pedagang dan lahan tempat mereka berdagang itu, memiliki izin. Ada izin yang dikeluarkan camat setempat dan izin yang dikeluarkan oleh pihak BPMPPT,” ungkap Kasat Pol PP KSB, Agus Hadnan SPd.

Ia tak membantah jika keberadaan pasar bayangan tersebut awalnya hanya berada di dua titik saja, yakni di samping Toko Boxi dan di sekitar Kantor Unit Bank BRI, Kelurahan Arab Kenangan (Arken). Tapi saat ini, keberadaan mereka terus bertambah hingga  menyebar di beberapa titik.

“Yang kita catat keberadaan mereka sejauh ini ada di 6 titik. Secara keseluruhan, mereka bahkan memiliki izin resmi untuk melakukan aktifitas berdagang di lokasi-lokasi itu,” bebernya.

Menurutnya, mengacu kepada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 41 tahun 2012 tentang penataan dan pemberdayaan Pedagang Kali Lima, sudah dengan jelas mengatur mengenai tempat/lokasi berdagang kaki lima, jenis usaha, fasilitas yang digunakan hingga keberadaan tempat tetap atau sementara.

“Jika mengacu ke Permendag itu, semua lokasi boleh-boleh saja digunakan untuk berdagang. Tetapi  harus seijin Bupati,” tukasnya.

Ia bahkan tidak menyangkal, bertambahnya lokasi pasar bayangan itu karena faktor mudahnya surat perijinan diterbitkan. Padahal apapun bentuk perijinan yang dikeluarkan lebih dulu harus dikoordinasikan dengan instansi terkait.

“Tetapi kita tidak bisa membantah karena yang mengeluarkan izin itu juga-kan institusi pemerintah. Jadi, secara tidak langsung, aktifitas mereka legal dan sah,” tandasnya. (kjon/ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Posisi Irawansyah SPd, sebagai anggota DPRD KSB lagi-lagi digoyang. Pasalnya, Dewan Pimpinan Cabang…