);

Pilkades 3 Desa di KSB Ditangani Secara Khusus

“Undova Dilibatkan Dalam Seleksi Bakal Calon Kades”

Taliwang, KOBAR – Karena terbentur Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 84 Tahun 2018, tentang Pedoman Pemilihan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), 3 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 20 Oktober mendatang, ditangani secara khusus.

Ketiga Desa tersebut memiliki bakal calon Kades lebih dari 5 orang, sedangkan dalam Perbup diatur, jika bakal calon Kades di suatu Desa melebihi dari lima, maka mesti dilakukan seleksi khusus agar bisa mengerucut menjadi 5 bakal calon saja.

“Ada 3 Desa yang memiliki lebih dari 5 bakal calon Kepala Desa. Oleh karena itu, akan diberlakukan seleksi tambahan dengan melibatkan Fisipol Universitas Cordova (Undova). Seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 17-18 September ini,” ungkap Drs Mulyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) KSB, kepada awak media ini, kemarin.

Baca Juga :  Jajak Pendapat III

Ketiga Desa yang memiliki bakal calon Kades lebih dari 5 orang tersebut, yakni, Desa Meraran, Kecamatan Seteluk, dengan jumlah bakal calon 7 orang, Desa Goa, Kecamatan Jereweh, 6 orang, dan Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, 6 orang.

Sesuai jadwal, tambah Mulyadi, pada 27 September mendatang, akan dilaksanakan penetapan bakal calon Kepala Desa sebagai calon Kepala Desa, selanjutnya pada 28 September akan dilakukan deklarasi damai calon Kepala Desa, dan pada 29 September akan dilakukan pengundian nomor urut calon Kepala Desa.

“Masa kampanye akan dilaksanakan pada bulan Oktober selama tiga hari, dari tanggal 14 hingga tanggal 16. Selanjutnya pada tanggal 17 hingga tanggal 19 masuk masa tenang, dan pada tanggal 20 Oktober dilaksanakan pemungutan suara Pilkades,” beber Mulyadi.

Sementara itu, ketua panitia seleksi bakal calon Kades 3 Desa, sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Undova, Muhammad Imran SHI MH, saat ditemui media ini, membenarkan, bahwa pihaknya dilibatkan dalam seleksi bakal calon kades untuk Pilkades serentak tahun ini.

Baca Juga :  Pemerintah Segera Berlakukan Conversi Mitan ke Gas di KSB

“Semua bakal calon Kepala Desa untuk 3 desa itu akan diseleksi pada tanggal 17 hingga 18 September ini, yang bertempat di sini, di Universitas Cordova,” jelasnya.

Imran menambahkan, adapun materi seleksi yang akan dilaksanakan pihaknya terdiri dari; Pertama, seleksi dengan penilaian pembobotan berdasarkan kriteria, yang mencakup pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan dan usia. Kedua, ujian tulis tentang pemerintahan, pengetahuan umum dan pengetahuan Bahasa Indonesia.

“Kami dari tim seleksi Undova akan memberikan penilaian berdasarkan peraturan yang berlaku, sehingga tidak merugikan pihak manapun. Dan kami pastinya akan bersikap profesional, independen, dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun,” tutup Imran. (kras)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
"Emas Dari Perut Bumi Siap Dipindahkan Ke Otak Manusia" Taliwang, KOBAR - Kabar gembira datang…