);

Pemprov NTB Biarkan Terminal Taliwang Telantar

“Diduga Praktik Pungli Terjadi”

Taliwang, KOBAR – Sejak Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengambil alih terminal Taliwang 2 tahun silam, selama itu pula terminal type B yang terletak di Kota Taliwang itu dibiarkan telantar. Sejumlah fasiltas dan sarana di terminal yang berdiri megah itu tak terurus, bahkan rusak. Namun pendapatan dari arus masuk dan keluar terminal yang tetap berjalan, tak jelas rimbanya.

Ditemui media ini, Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Ir Irhas R Rayes MSi, melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Yuliono SAP, membenarkan, bahwa sampai saat ini, setelah terminal di bawah naungan Pemerintah Provinsi, nasibnya belum jelas, Pemerintah Kabupaten pun malah memperbantukan 3 orang personil dari Dinas Perhubungan setempat untuk mengurus terminal.

“Ada tiga orang pegawai Dishub KSB, yang diperbantukan untuk mengurus terminal, ketiga-tiganya di bawah naungan Pemkab, insentif dn sebagainya ditanggung Pemkab,” jelasnya.

Baca Juga :  Penataan Mantar Masih Jalan Di Tempat

Ia juga menambahkan, ketiga personil yang diperbantukan itu diantaranya bertugas sebagai pengelola terminal, penertiban angkutan dan pemeliharaan bangunan.

Menurutnya, sangat wajar ketika kondisi terminal saat ini seperti gudang penampungan tak berpenghuni, pungutan setiap kendaraan yang masuk seharusnya menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD), meski hingga saat ini pungutan itu masih ada, akan tetapi tidak tahu diberikan kepada siapa.

“Kami, Dinas Perhubungan KSB, mengetahui bahwa pungutan setiap kendaraan yang masuk itu sudah berhenti 2 tahun yang lalu. Namun di akhir 2018 kemarin ada lagi. Dan berkaitan pungutan itu diberikan ke Pemkab atau Pemprov kami tidak tahu,” tandas Yuliono.

Hingga berita ini diturunkan, media ini belum berhasil meminta keterangan dari Pemerintah Provinsi NTB. Bagaimana pun ketidak seriusan Pemprov NTB dalam mengelola terminal ini memberikan dampak yang tidak baik terhadap daerah setempat, sebab terlihat dari mekanisme pengurusan terminal yang semrawut dan tidak jelas. (kdon)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Tingginya angka penderita gangguan jiwa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membuat Pemerintah…