Pemerintah Segera Berlakukan Conversi Mitan ke Gas di KSB

Taliwang, KOBAR – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendatangi beberapa pangkalan Minyak Tanah (Mitan) untuk mensosialisasikan Undang-undang BPH Migas tentang penerapan denda terhadap penyalahgunaan ijin pengangkutan dan penimbunan. Termasuk rencana pemerintah yang akan segera memberlakukan konversi mitan ke gas 3 kg di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kabid Energi pada dinas ESDM, Sutarno yang dikonfirmasi media ini beberapa waktu lalu mengatakan, selain akan mengenakan denda hingga mencapai Rp 3 miliar, pangkalan yang diketahui melanggar akan langsung dicabut ijinnya. “Kami sudah menyampaikan tentang adanya aturan tersebut dan meminta kepada para pangkalan untuk tidak melanggarnya,” ujarnya.

Terkait rencana konversi mitan ke gas 3 kg, ia menuturkan, pada saat menggelar acara di beberapa pangkalan, banyak masyarakat yang mendesak untuk segera menambah kouta mitan, agar tidak lagi terjadi antrian panjang dan kesulitan untuk mendapatkan mitan.

“Kecil kemungkinan akan terealisasi permohonan penambahan kouta mitan, karena pemerintah pusat telah melaksanakan program konversi mitan ke gas, jadi masyarakat saat ini mempersiapkan diri untuk menggunakan gas, sebab pengadaan mitan bersubsidi akan ditiadakan nantinya,” bebernya.

Diingatkan Tarno sapaan akrabnya, saat ini yang bisa terdistribusi setiap hari hanya 10 ribu liter untuk KSB atau sekitar 250-270 kilo liter setiap bulan. Jumlah itu sendiri jauh dari cukup, sehingga tidak bisa dihindari terjadinya antrian masyarakat saat pendistribusian. “Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mendapatkan penambahan kouta, termasuk Bupati KSB melayangkan surat ke pertamina maupun DPR RI, tetapi sampai saat ini belum ada tanggapannya,” tukasnya.

Tarno tidak membantah jika masyarakat kita masih sulit untuk beradaptasi dengan penggunaan gas, sehingga dibutuhkan kerjasama masyarakat yang sudah menggunakan gas untuk mengajak menggunakan gas, termasuk menyampaikan apa yang menjadi keuntungan menggunakan gas. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Kawasan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi incaran bagi investor yang menggunakan Modal Asing…