Pembuktian Defisit Wajib Dilakukan

Taliwang, KOBAR – Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Muhammad Hatta menegaskan, pembuktian atas indikasi telah terjadi defisit anggaran wajib dilakukan, agar bisa diketahui apa yang menjadi penyebab, jika memang benar terjadi.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga merasa ragu telah terjadi defisit anggaran, kecuali ada kesalahan penerapan anggaran yang dilakukan. “Saya ragu telah terjadi defisit anggaran, sehingga akan mengajak lembaga DPRD KSB untuk melakukan pembuktian,” tegas Hatta usai dilantik Selasa 19/8 kemarin.

Masih keterangan Hatta, pembuktian yang dilakukan itu bukan untuk menelanjangi sistem penganggaran yang telah dilaksanakan pemerintah, tetapi lebih pada evaluasi mendasar, agar pada penerapan anggaran mendatang tidak kembali terjadi. “Hasil pembuktian yang dilakukan menjadi bahan acuan pelaksanaan anggaran pada tahun mendatang,” lanjut Hatta.

Meskipun masih ragu dan tidak terlalu percaya dengan rumor bahwa telah terjadi defisit, tetapi ada beberapa indikator yang didapat dari keterangan masyarakat maupun internal pemerintahan, terutama terkait dengan tidak bisa dilaksanakan beberapa program dapat menjadi bahan kesimpulan untuk mengarah pada telah terjadi defisit anggaran yang dimaksud.

Untuk melakukan pembuktian secara kelembagaan memang tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, karena ada beberapa tahapan DPRD yang harus dilalui, namun secara pribadi akan mencoba mendalami dengan meminta keterangan dari pihak pemerintah. Langkah itu untuk mempercepat informasi, sehingga bisa dipublis kepada masyarakat terkait indikasi telah terjadi defisit anggaran.

“Saya mungkin akan berkoordinasi langsung dengan pemerintah untuk mendapat beberapa informasi, sehingga bisa disampaikan kepada masyarakat, terutama konstituen saya tentang indikasi tersebut, apakah benar telah terjadi defisit atau hanya sebatas isu belaka,” aku Hatta.

Hatta juga mengaku jika saat ini sedang mencari indikator pelaksanaan anggaran, sehingga bisa disimpulkan defisit atau silva, agar bisa mengukur secara langsung sistem anggaran dan tata cara pelaksanaannya.(Kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
25 orang anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) periode 2014-2019 telah diambil sumpah. Besar harapan…