Parpol Jajaki Koalisi

Taliwang, KOBAR – Sejumlah Partai Politik (Parpol) yang memiliki wakil di DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai melakukan penjajakan untuk koalisi dalam pembentukan fraksi. Tidak terkecuali parpol yang bisa membentuk fraksi sendiri (fraksi utuh).

Ada kemungkinan akan terbentuk enam (6) fraksi, jika parpol yang tidak bisa membentuk fraksi menggabungkan diri untuk membentuk fraksi gabungan. Saat ini sudah ada fraksi utuh yang terdiri dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Fraksi Partai Bulan Bintang (F-PBB), Fraksi Gerindra (F-Gerindra) dengan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP).

Politisi Demokrat, Ahmad Jamaluddin SAg kepada media ini pada Rabu 20/8 mengaku jika sudah menguat akan berkoalisi dengan PDIP, namun setelah berkoordinasi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD), justru diarahkan untuk melakukan koalisi dengan partai yang masuk dalam koalisi merah putih.

“Saat ini kami sedang membangun komunikasi dengan parpol yang tergabung dalam koalisi merah putih, baik itu dengan Golkar, Gerindra atau PAN, jadi sampai saat ini belum ada keputusan akhir atau masih melakukan penjajakan,” ucap anggota DPRD KSB yang kembali terpilih itu.

Sementara ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Aheruddin SE, ME mengaku jika partainya sedang membangun komunikasi dengan F-PAN, meskipun belum final tetapi lebih menguat rencana koalisinya. “Kami memang masih melakukan penjajakan, tetapi lebih menguat bersama F-PAN, namun itu belum menjadi keputusan akhir,” tandas politisi asal kecamatan Seteluk itu.

Politisi Gerindra, Iwan Panjidinata SE mengaku jika partainya tetap membuka diri untuk parpol lain, meskipun tanpa koalisi sudah bisa membentuk fraksi sendiri. “Ada beberapa parpol yang membangun komunikasi dengan Gerindra, tetapi belum pada keputusan akhir, jadi kita tunggu saja,” tandas Iwan Panji sapaannya.

Lain halnya dengan PBB, menurut Fud Syaifuddin ST yang diberikan mandat sebagai unsur pimpinan dari PBB mengaku jika koalisi sudah masuk final, dimana PBB akan mendapat tambahan personil dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Kami sudah final dengan PPP, bahkan sudah pada komposisi struktur fraksi. Dimana H M Syafi’i menjadi ketua fraksi, wakil ketua Amiruddin Embeng dan Agusfian menjadi sekretaris,” beber Fud sapaannya.

Meskipun sudah final koalisi dengan PPP, namun PBB tetap membuka diri untuk parpol lain, hanya saja parpol yang bergabung harus menerima apa yang telah menjadi keputusan yang telah ditetapkan saat ini. “Silakan bergabung untuk berkoalisi dengan kami, tetapi harus menerima apa yang telah menjadi keputusan saat ini,” lanjut Fud.(Kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Lapangan Alun-alun Taliwang direncana sebagai areal pembangunan rumah adat dan museum, sehingga lapangan yang memiliki…