Newmont Sudah Memanggil Kembali 80 Persen Karyawan

Taliwang, KOBAR – PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) sudah melakukan pemanggilan kembali 80 persen karyawan yang beberapa waktu lalu dirumahkan pasca penetapan kahar.

Kabid hubungan industrial pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans), Drs Zainuddin MM yang ditemui dalam ruang kerjanya senin 29/9 kemarin menegaskan, setiap tahapan pemanggilan tetap disampaikan pihak perusahaan, sehingga pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki data.

Diingatkan Zainuddin, laporan terakhir yang diterima masih tersisa sebanyak 20 persen atau sekitar 430 orang karyawan yang belum dipanggil. “Laporan terakhir yang saya terima masih ada 430 orang lagi yang menunggu untuk dipanggil,” ucap Zainuddin.

Jumlah karyawan yang belum dipanggil itu akan habis pada bulan Oktober mendatang, karena perusahaan sudah bisa melaksanakan operasional. “Saya minta yang belum dipanggil untuk tetap bersabar, karena ada komitmen perusahaan tetap melakukan pemanggilan kembali terhadap seluruh karyawan yang telah dirumahkan, kecuali karyawan itu sendiri yang tidak bersedia,” timpalnya.

Diingatkan Zainuddin, tidak semua karyawan yang dipanggil itu hadir dan bersedia melaksanakan pekerjaannya, bahkan ada yang mengundurkan diri. Data itu juga disampaikan pihak perusahaan kepada pemerintah. “Kami juga menerima laporan adanya karyawan yang menolak saat dipanggil atau ada yang mengundurkan diri,” lanjut Zainuddin.

Langkah yang dilakukan perusahaan untuk memanggil kembali seluruh karyawan sebagai bentuk komitmen atas 3 hal penting yang harus diperhatikan, dimana selain memanggil kembali, perusahaan juga memberikan kepastian bahwa tidak akan dilakukan perombakan jabatan, termasuk pendapatan karyawan tidak boleh berkurang.

Sementara sub kontraktor belum semuanya melakukan pemanggilan terhadap karyawan, selain perusahaan yang bergerak pada bidang transportasi dan perusahaan penyedia makanan dan minuman karyawan, dalam hal ini PT. Prasmanindo Boga Utama (PBU). “Baru beberap subkontraktor yang sudah memanggil kembali karyawan,” terangnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan lebih maksimal memanfaatkan dermaga labuhan lalar,…