Newmont Gagas Website Gugus SD Se-NTB

“Membangun SDM Bumi Gora Berbasis IPTEK”

Mataram, KOBAR – Pemanfaatan internet saat ini sudah memasyarakat hampir di setiap bidang kehidupan manusia, termasuk institusi pendidikan. Dengan demikian, website sangat diperlukan oleh sekolah sebagai salah satu pelayanan informasi, baik untuk guru, siswa, maupun masyarakat umum lainnya. Hal itulah yang selanjutnya memotivasi PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan website pada 4 kelompok gugus SD/MI di NTB.

“Ya, program website SD/MI ini mulai digagas sejak tahun 2012 dan dilaunching 2015 lalu.  Website ini diikuti 4 kelompok Gugus meliputi, Gugus 1 Unter Iwes Sumbawa, Gugus 2 Sandu Baya Lotim, Gugus 1 Selaparang Mataram dan Gugus 4 Taliwang Sumbawa Barat,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) provinsi NTB, DR Ir H Rosiady Sayuti M.Sc, saat memperkenalkan sekaligus mengikutsertakan Website itu dalam pameran memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok City  Center (LCC) di Mataram NTB.

Menurut Rosiady, Website edukatif  ini merupakan wadah yang sangat strategis untuk berbagi keberhasilan antar sekolah untuk maju bersama. Website dapat diakses 24 jam dan memiliki kemampuan interaktif dan penyebarannya yang sangat cepat. Sehingga diharapkan dapat menjadi gerbang institusi pendidikan untuk go public.

“Melalui website ini, institusi pendidikan dapat mempublikasikan profil lembaga dan dapat memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk mempublikasikan artikel, pengalaman, dan tulisan lainnya. Selain itu dapat mempermudah tenaga pengajar untuk saling berkoordinasi antara satu dan yang lainnya,” terangnya.

Rosiady menambahkan, pembangunan Website Gugus SD ini juga merupakan langkah cerdas untuk memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya NTB. Apalagi era digital saat ini, perkembangan teknologi dirancang untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi mendekatkan jarak, mengefisienkan waktu, dan membuka pemikiran bahwa dunia tidaklah sempit.

“Di daerah kita ini kan banyak sekali sekolah-sekolah yang berada jauh di atas gunung, sehingga merasa kesulitan dalam mengetahui maupun berbagi informasi. Nah melaui Website ini baik sekolah maupun para pendidik tidak akan merasa kesulitan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, General Supervisor (Gensup) Sosial Responsibility Capacity Building PTNNT, H. Faozan Maulad, menyatakan, pihaknya memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat secara menyeluruh. Mengenai Website Gugus SD/MI ini adalah salah satu upaya meningkatkan pendidikan melalui informasi dan teknologi di wilayah Gugus masing-masing daerah.

“Dari 4 kelompok Gugus SD tersebut, ada sekitar 36 sekolah yang tercatat sebagai anggota.  Selanjutnya, Website ini akan dikembangkan lagi agar mampu mencakup sekolah lainnya di seluruh NTB,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain memberikan bantuan perangkat lunak dan keras, pihaknya juga telah menempatkan tenaga ahli atau operator untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman tentang penggunaan Website kepada guru di wilayah Gugus masing-masing.

“Kami sangat berharap dukungan semua pihak untuk kemajuan pendidikan di NTB. Website edukatif ini akan terus kita kembangkan seiring kebutuhan ilmu teknologi yang terus berkembang,” demikian Faozan. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Promosi wisata di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi skala prioritas Pemerintah sejak beberapa…