Minat Baca Warga KSB Sangat Rendah

“Perpustakaan Daerah Sepi Pengunjung”

Taliwang, KOBAR – Minat baca masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinilai masih sangat rendah bila dibandingkan daerah lain. Dari data Perpustakaan Daerah tahun 2018 lalu, frekuensi membaca warga KSB rata-rata hanya tiga sampai empat kali per minggu. Dibandingkan dengan daerah lain, KSB jauh ketinggalan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbawa Barat, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Drs Mulyadi, pada awak media ini. Menurut Mulyadi, minat baca masyarakat KSB kurang dibandingkan dengan daerah lain, selain dinilai dari jumlah buku yang dipinjam dari Perpustakaan Daerah, perbandingan eksisting dari daerah yang pernah dia kunjungi pun, KSB masih tertinggal.

“Minat baca ini yang harus ditingkatkan dan diperjuangkan agar mereka tertarik membaca. Kami setiap tahun mengunjungi 200 titik untuk memberikan sosialisasi agar memancing minat baca, baik pada sekolah dasar hingga perguruan tinggi,” ungkapnya.

Padahal, tambah Mulyadi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia erat kaitannya dengan kemampuan literasi. Oleh karena itu, menurut Mulyadi, perpustakaan berperan penting menyediakan sumber bacaan. Dan pihaknya akan mengajak anak-anak untuk mengenal perpustakaan, agar mereka tertarik dengan literasi dengan pola sistem bermain.

“Kami fokus merangsang minat baca pada anak-anak, agar minat baca mereka tinggi di kemudian hari. Andaikata tahun kemarin kami mengunjungi 200 titik per tahun, maka tahun ini kami akan kunjungi 300 titik, termasuk juga ke Pondok Pesantren,” tukasnya.

Sehingga, kata Mulyadi, penting sekali minat baca pada masyarakat ditumbuhkan, khususnya agar bisa memiliki wawasan yang luas. Sebab membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dan sangat penting dalam kehidupan kita.

“Banyak orang sukses dan cerdas karena kecintaan mereka membaca buku dan belajar. Oleh sebab itu mari kita tingkatkan intensitas membaca terutama di waktu senggang kita,” tutup Mulyadi. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Semenjak Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terbentuk 15 tahun silam hingga hari ini,…