);

Menteri Susi Jatuh Hati Dengan PDPGR

Taliwang, KOBAR – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, nampaknya jatuh hati dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang mampu memberikan solusi untuk meningkatkan ekonomi nelayan. Bantuan armada laut melalui kartu bariri nelayan dinilai telah memfasilitasi kebutuhan nelayan agar mandiri. Atas hal itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat mengaku telah menerima konfirmasi dari Staf kementerian dimana Menteri Susi Pujiastuti menyetujui list kunjungannya ke Sumbawa Barat.

“Ya, itu konfirmasi terakhir yang kita terima. Ibu menteri direncanakan datang berkunjung sekaligus melaunching kartu bariri nelayan dan menyerahkan bantuan armada laut bertepatan dengan hari lahir (Harla) ke-14 Sumbawa Barat November mendatang,” aku Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa Barat, Zainal Arifin.

Menurutnya, selain program kartu bariri nelayan, ketertarikan ibu menteri Susi datang berkunjung karena menilai Sumbawa Barat telah merancang kerjasama yang bagus khususnya dalam pengelolaan pulau-pulau kecil yang menjamin regulasi penguasaannya dibawah intervensi pemerintah.

Baca Juga :  Ayat Suci Al-Qur’an Mengalun Merdu di Desa Lampok

“Ini juga yang menjadi ketertarikan ibu menteri. Berbeda dengan kabupaten lain yang membiarkan pulau-pulau kecil dikuasai secara privat sehingga akses masyarakat sulit. Ini juga yang menjadi acuan ibu menteri hingga menyusun PP perencanaa pengelolaan pulau-pulau kecil,” ujarnya.

Realisasi program Bariri Nelayan tambah Zainal merupakan tindak lanjut kucuran bantuan sarana dan prasarana tangkap dan budidaya kepada para nelayan, yang didata sesuai kebijakan program Daerah Pembangunan Gotong Royong (PDPGR). PDPGR berupa Kartu Bariri sejatinya direalisasikan bagi nelayan penerima yang didata oleh agen-agen PDPGR. Agen ini mendata, melihat dan memantau para nelayan yang berhak menerima bantuan. Ini dimaksudkan agar partisipasi masyarakat bisa digalang. Itupun diseleksi dan dievaluasi atas arahan Dinas tehnis serta dibantu kepala desa serta pengawasan dari Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Ada 24 Miliar alokasi anggaran yang dibebankan kepada kami untuk melayani dan memberdayakan nelayan. Salah satunya bantuan sampan dan mesin yang dibagikan secara serentak pekan kemarin,” pungkasnya. (ktas)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Wakil Bupati: Yang Tidak Melapor Tidak Akan Dipromosi Taliwang, KOBAR  - Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud…