Membludak Permohonan Legalisir KTP

Taliwang, KOBAR – Antrian panjang terlihat pada lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil), baik yang berseragam pegawai maupun berpakaian bebas. Kedatangan mereka untuk melakukan legalisir terhadap Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Meskipun antrian cukup panjang, Didukcapil tetap melakukan upaya gerak cepat pelayanan, bahkan untuk melayani masyarakat yang melakukan legalisir tetap menerapkan program One Day Service (ODS).

“Mereka butuh pelayanan cepat, sehingga saya memberikan kewenangan kepada sekretaris dinas dan kepala bidang untuk melegalisir KTP yang diajukan itu. Cara itu dianggap cukup efektif dan antrian bisa cepat terurai,” ucap kepala Didukcapil, Drs Alwi MM senin 22/9 kemarin saat dalam ruang kerjanya.

Masih keterangan Alwi, syarat untuk diberikan legalisir adalah menunjukan KTP asli. Jika yang ditunjukan adalah KTP manual bukan KTP elektronik, maka yang bersangkutan harus melakukan perekaman data diri terlebih dahulu, jika sudah melakukan perekaman tetapi belum menerima KTP elektronik, maka yang bersangkutan akan mendapatkan keterangan dari Didukcapil.

“Saya bisa pastikan persentase masyarakat yang melakukan perekaman data diri cukup meningkat, karena tidak akan dilakukan legalisir jika belum ada data perekaman, jadi diharapkan kesadaran bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk mendatangi Didukcapil,” harap Alwi.

Menyinggung soal penerbitan KTP baru, Alwi mengaku sangat selektif mengingat ada formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) prioritas masyarakat pemilik KTP lokal. “Saya cukup selektif terhadap berkas penerbitan KTP, agar tidak ada masyarakat luar yang berkepentingan untuk seleksi CPNS membuat KTP, terutama untuk mengejar formasi khusus tersebut,” timpal Alwi.

Alwi mengaku siap menerima kritikan masyarakat terkait pelayanan yang dilakukan saat ini, karena permohonan yang cukup banyak, maka diyakini ada yang tidak merasa puas, namun yang pasti pelayanan yang diberikan sudah maksimal. “Kami sudah memberikan pelayanan terbaik saat ini, tetapi pasti ada yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan,” terang Alwi. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Pengurus Persatuan Sepakbola Sumbawa Barat (PSSB) meminta kepada direktur utama PT. Persatuan Sepakbola…