Magang Kerja Ke Jepang Dibuka

Taliwang, KOBAR – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyatakan, bahwa program magang kerja ke Jepang kembali dibuka tahun ini, dan informasi tentang itu telah disampaikan kepada setiap Kecamatan melalui surat.

“Seluruh kecamatan telah kami surati terkait ini. Lowongan magang kerja ke Jepang ini dikhususkan bagi angkatan kerja muda potensial. Karena ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, dan para pelamar akan melalui serangkaian tes seleksi yang ketat,” beber Abdurrahman SE, Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas, pada Disnakertrans KSB, kepada awak media ini.

Menurut Abdurrahman, sudah banyak pemuda asal KSB yang telah mengikuti program ini, dan kebanyakan dari mereka mengakui manfaatnya. Ada diantara mereka yang melanjutkan bekerja di Jepang, dan ada juga yang kembali ke Indonesia dan bekerja di perusahaan besar.

“Peserta magang akan ditempatkan di berbagai jenis pekerjaan di Jepang, mulai dari pertanian hingga industri. Seleksi calon peserta akan dilakukan pemerintah provinsi NTB,” jelasnya

Proses seleksi terdiri dari, seleksi administrasi, penelitian berkas administrasi, pemeriksaan kesehatan tubuh, pemeriksaan fisik, yang meliputi tinggi badan, berat badan, cacat tubuh, dan funsi organ tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan  tes Matematika Dasar, Pengetahuan Umum, dan tes kesehatan fisik.

“Pendaftaran telah kami buka di Kecamatan di seluruh KSB. Hingga saat ini, sudah ada 45 orang yang telah mendaftar. Tanggal 9 Nopember ini akan dimulai seleksi awal,” tutup Abdurrahman. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Brang Ene, KOBAR - Janji Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk memberangus semua Penambangan Tanpa Ijin…