Les Anak Lo Akta (LALA)

Taliwang, KOBAR – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), belum lama ini, telah meluncurkan program Les Anak Lo Akta (LALA).

Program ini memungkinkan bayi yang baru lahir di pelayanan kesehatan, baik rumah sakit maupun Puskesmas akan langsung mendapatkan akta kelahiran dan kartu keluarga. Bukan hanya ini, program ini juga bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan.

“Program Les Anak Lo Akta ini, merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pembuatan akta kelahiran untuk anak, sehingga orang tua harus terlebih dahulu mempersiapkan nama anaknya sebelum lahir,” kata Ibrahim SSos MM, Kepala Dinas Dukcapil KSB, pada media ini.

Tidak berhenti sampai di situ, Ibrahim menambahkan, bahwa proses menjalankan Program LALA ini begitu mudah, setiap orang cukup membawa kartu keluarga, nama orang tua, beserta nama dan tanggal lahir anak ke kantor Dinas Dukcapil, maka akta kelahirannya langsung dibuat. Namun apabila ada orang tua yang belum memiliki KK, maka cukup menggunakan buku nikah saja.

“Untuk itu perlu adanya kerjasama yang baik dari pihak Desa dan Kelurahan. Para Kades dan Lurah diminta untuk aktif menyampaikan program ini kepada Ketua RT dan RW, agar ketika ada bayi yang lahir bisa segera dilaporkan, dan diantar berkasnya ke kami,” tukasnya.

Untuk menyukseskan program ini, langkah selanjutnya yang akan dilakukan pihaknya, kata Ibrahim, adalah akan memberikan perangkat android kepada masing-masing Desa dan Kelurahan, supaya data anak yang lahir dapat disampaikan secara Online.

“Segala bentuk program yang menyangkut Identitas Masyarakat akan dipermudah prosesnya, karena identitas seperti itu adalah kebutuhan dasar warga negara Indonesia dalam melaksanakan urusan sosial mereka,” tutup Ibrahim SSos MM. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR  - Angka perceraian di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga jelang akhir tahun ini tercatat…