);

KPU Butuh Rp 15,5 M Untuk Pilkada KSB

Taliwang, KOBAR – Pilkada Serentak akan diselenggarakan kembali pada tahun 2020 mendatang. Ada 270 daerah yang akan mengikuti Pilkada Serentak ini. Pilkada Serentak 2020 merupakan Pilkada serentak gelombang keempat yang dilakukan untuk kepala daerah hasil pemilihan Desember 2015. Dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) termasuk di dalamnya.

Denny Saputra SPd, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KSB, kepada media ini mengatakan, bahwa setelah pihaknya selesai menghelat Pemilu di KSB, selanjutnya pihaknya kembali berfokus untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan.

“Terkait persiapan Pilkada 2020, kami masih menunggu arahan dari KPU pusat. Mulai dari apa saja tahapannya, hingga waktu pelaksanaannya,” kata Denny.

Denny menjelaskan, berdasarkan Pasal 201 ayat (6) Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota (UU Pilkada), pemilihan kepala daerah dilaksanakan pada bulan September. Namun waktu pelaksanaannya bisa saja berubah, tergantung KPU Pusat.

Baca Juga :  Jalan Masuk Ke Sumbawa Barat Akan Dibangun Dua Jalur

“Biasanya waktu pelaksanaannya tidak meleset dari amanat undang-undang. Tapi hasil pleno komisioner pusat menjadi penentu, dan akan dituangkan dalam PKPU Pilkada 2020,” jelas Denny.

Adapun terkait anggaran pelaksanaannya, Denny mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mengajukan proposal anggaran kepada Pemerintah Daerah setempat. Total dana yang dibutuhkan pihaknya untuk menggelar Pilkada di KSB berkisar Rp 15,5 Miliar. Jumlah itu merupakan hasil perhitungan pihaknya, mulai dari tahapan awal hingga Pilkada berakhir.

“Jumlah kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada itu telah kami hitung baik-baik. Semoga usulan kami tersebut dapat segera disetujui Pemerintah,” tukas Denny.

Menurutnya, jumlah anggaran yang diajukan pihaknya kali ini tidak terpaut jauh dengan jumlah anggaran yang diajukan KPU untuk pelaksanaan Pilkada 2015.

“Pada tahun 2015, diajukan Rp 13,9 Miliar, tapi disetujui Rp 11,5 Miliar. Semoga Rp 15,5 Miliar yang kami ajukan tahun ini dapat disetujui sepenuhnya,” pungkas Denny. (kdon)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Harga Eceran Tertinggi (HET) Elpiji ukuran 3 Kg (Bersubsidi) di Kabupaten Sumbawa…