Komisi III Minta BUK Dilengkapi Fasilitas Uji Emisi

Taliwang, KOBAR – Menangkap peluang pendapatan dari keberadaan Balai Uji Kendaraan (BUK) milik pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Komisi III DPRD setempat menyarankan agar Pemda KSB melengkapi BUK dengan fasilitas uji emisi untuk kendaraan berbahan bakar bensin.

“Kami sudah mengunjunginya, dan masih ada beberapa perangkat yang belum ada di sana. Salah satu yang kami sarankan harus ada fasilitas uji emisi untuk kendaraan bensin,” terang ketua Komisi III DPRD KSB Dinata Putrawan, ST kepada media ini.

Dinata mengatakan, keberadaan fasilitas uji emisi untuk kendaraan berbahan bakar bensin itu cukup penting. Selain untuk menambah menu pelayanan BUK, di sisi lain juga pemerintah dapat menjalankan ketentuan standar emisi kendaraan yang beroperasi di daerah.

“Dalam skup yang lebih umum lagi, bertambahnya pelayanan BUK maka artinya bertambah pula pendapatannya untuk daerah,” timpalnya.

Harapan agar fasilitas uji emisi bensin itu sendiri sudah disampaikan Komisi III kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat. Dinata menyebutkan, pihaknya pun telah menyarankan kepada dinas untuk segera menganggarkan programnya mengingat kegiatan tersebut secara nyata dapat menghasilkan pendapatan riil bagi daerah.

“Saya harap operasional BUK ke depan bisa menjadi salah satu primadona penyumbang PAD bagi daerah,” harapnya.

Keberadaan BUK di bawah kendali Dishubkominfo sejauh ini memang berpotensi menjadi sumber PAD potensial bagi KSB. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan yang memerlukan jasa uji di KSB sangat banyak karena tak hanya masyarakat ribuan kendaraan perusahaan yang beroperasi di daerah pun dapat memanfaatkan pelayanannya.

Dishubkominfo KSB sendiri sejauh ini sudah menangkap peluang tersebut. Ini dibuktikan adanya kebijakan Pemda KSB mewajibkan kendaraan perusahaan tambang yang beroperasi di daerah terutama PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) melakukan uji seluruh kendaraan operasionalnya di BUK milik pemerintah. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Tim pemeriksa asset Inspektorat Kabupaten (Itkab) sudah hampir tuntas melakukan identifikasi dan pengecekan…