Kapolres KSB Ajak Para Pelajar Tertib Berlalu Lintas

AKBP Andi: Pelajar Penyumbang Angka Kriminal Lantas Terbanyak

Taliwang, KOBAR – Dalam rangka menciptakan ketertiban berkendara di jalan raya, dan menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di bumi pariri lema bariri. Kepolisian Resort Kabupaten Sumbawa Barat (Polres KSB) mengajak para pelajar agar tertib berlalu lintas. Salah satu langkah yang ditempuh, mengkampanyekan Safety Riding (Keselamatan Berkendara) bagi pelajar.

“Hampir semua sekolah akan kita sambangi, baik SMP sederajat maupun SMA/SMK sederajat. Sebab, melihat cara mengendara anak-anak zaman sekarang, cukup memprihatinkan,” ungkap Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andi Hermawan SIK, pada media ini.

Ia menjelaskan, penyumbang angka kriminalitas terbanyak adalah kasus lalu lintas. Pelakunya didominasi oleh usia produktif atau masih tergolong remaja yang tengah mengenyam pendidikan. Menurutnya, realita pergaulan anak muda saat ini, mereka kerap melakukan aksi yang membahayakan bagi orang lain saat menggunakan kendaraan. Seperti, ugal-ugalan di jalan raya, tidak menggunakan helm, saling kebut-kebutan menggunakan knalpot racing dan mengangap jalan raya itu seperti sirkuit balap, serta tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM).

“Mereka anggap itu hal yang wajar dilakukannya sebagai salah satu cara dirinya dikatakan hebat, memiliki bakat Biker atau ingin dipuji. Padahal, itu melanggar UU dan merusak nilai kearifan lokal,” imbuhnya.

“Materi kampanyenya mengacu pada UU Lalu lintas. Disamping memberi materi, petugas dari kepolisian juga akan mengajari para pelajar tata cara berkendara yang benar,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) KSB, Drs H Mukhlis MSi, mengapresiasi rencana tersebut. Ia bahkan meminta, sekolah yang nantinya di kunjungi oleh tim Polres untuk dapat mengerahkan muridnya.

“Kita apresiasi langkah itu. Karena dapat menambah wawasan bagi siswa tentang tata cara berlalu lintas yang baik dan benar,” katanya.

Dengan adanya kampanye Safety riding ini, sambung Mukhlis, akan menambah wawasan baru bagi siswa. Mereka bisa mengetahui tata cara berkendara yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan UU.

“Negara ini memiliki hukum dan aturan. Jadi, mengajarkan hukum kepada generasi muda sejak dini itu bagus. Karena merekalah generasi yang akan meneruskan dan menegakkan hukum yang ada. Bahkan, mereka bisa saling mengingatkan antar siswa jika ada yang melanggar,” paparnya.

Ia berharap, melalui agenda kampanye safety riding itu, siswa bisa mengevaluasi diri. Jika selama ini ada diantara mereka sering melakukan aksi kebut-kebutan, kedepannya mereka tidak lagi melakukan hal yang sama. Selain itu, kita juga akan minta sekolah untuk selalu mengingatkan siswanya  untuk mengedepankan keselamatan jika mengendara di jalan raya.

“Kita akan minta semua sekolah agar setiap menjelang pulang sekolah, mengingatkan para siswanya, khususnya yang menggunakan sepeda motor, agar mengedepankan keselamatan di jalan raya. Tidak kebut-kebutan dan mematuhi aturan berlalu lintas,” demikian Mukhlis. (kjon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Ahmad Zaini: Kami Tak Mau Ambil Resiko Taliwang, KOBAR -  Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan…