Inspektorat Temukan Ratusan Juta Kerugian Daerah dari Desa

Taliwang, KOBAR – Inspektorat Kabupaten (Itkab) Sumbawa Barat dilaporkan telah menemukan ratusan juta rupiah kerugian daerah yang bersumber dari masing-masing desa di wilayah setempat.

“Ratusan juta hasil temuan tersebut, diduga akibat desa lalai dalam pengawasan program dan penyusunan laporan keuangan yang terkesan asal jadi,” ungkap Inspektur Inspektorat KSB, Ir H Ady Mauluddin MSi, belum lama ini.

Terhadap kondisi itu, saat ini pihaknya terus meminta kepada desa-desa tersebut untuk bisa mengembalikannya ke kas daerah sebelum dibuatkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

“Kita sudah minta kepada desa-desa itu untuk bisa mengembalikannya, sehingga didalam LHP nanti tidak akan muncul kerugian negara. Ini juga merupakan salah satu bentuk pengawasan yang kita berikan untuk menekan terjadinya penyimpangan,” imbuhnya.

Dikatakannya, angka temuan itu diprediksi akan terus meningkat, seiring dengan masih dilakukannya pemantauan serta pengawasan lapangan. Selanjutnya di akhir tahun nanti pihaknya akan merinci secara keseluruhan, berapa keuangan daerah yang sudah dikembalikan oleh masing-masing  desa tersebut. Sekaligus mendata desa mana saja yang belum  menyerahkan untuk kemudian ditindak lanjuti.

“Kita akan kalkulasikan semua temuan-temuan ini di akhir tahun nanti. Kita juga akan mengidentifikasi mana-mana saja desa yang sudah dan yang belum  mengembalikannya,” bebernya.

Dia menambahkan, selain melakukan pemeriksaan, pihaknya juga tetap akan intens melakukan pembinaan terhadap desa, terutama dalam penyelesaian SPJ yang ada di masing- masing desa. Pembinaan yang intens dilakukan ini diharapkan bisa menekan penyimpangan yang kiranya akan terjadi.

“Kita akan terus melakukan pembinaan kepada desa-desa dengan harapan penyimpangan yang akan terjadi semakin ditekan,” tandasnya, sembari mengingatkan,  agar desa taat aturan. “Apabila ada kesalahan dalam penggunaan anggaran kiranya bisa diperbaiki segera. Dan ketika ada kerugian negara apabila ditemukan untuk bisa dikembalikan,” pungkasnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Sekda: Jika Terbukti, Akan Dipecat Taliwang, KOBAR - Meskipun tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 belum…