Harga BBM Kembali Turun, Sembako Masih Melonjak

Taliwang, KOBAR – Sejak 1 Januari 2015 pemerintah telah dua kali menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar. Tapi anehnya, walau harga BBM bersubsidi turun, harga kebutuhan pokok di pasar tana mira Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum terlihat akan turun, malahan melonjak.

Sejumlah ibu rumah tangga yang berbelanja di pasar induk Tana Mira mengeluh. Rosita, Warga Taliwang, yang ditemui media ini kemarin mengatakan, jika harga sejumlah bahan pokok mengalami lonjakan harga. Harga komoditas yang naik itu yakni beras, minyak goreng curah dan kemasan, gula serta telur.

Beda dengan sebelumnya, di saat BBM naik biasanya harga sembako ikut naik dengan dalih biaya pengangkutan juga naik. Sementara sekarang, BBM turun sembako malah makin mahal sehingga membingungkan masyarakat.

Sejumlah pembeli saat berada di pasar Tana Mira sangat berharap ada respon pemerintah untuk menindaklanjuti dengan menggelar pasar murah atau sejenisnya, sehingga para pedagang tidak terus mempertahankan harga jual melambung tinggi, bahkan terkesan tidak mau menurunkan harga.

Sejumlah pedagang di pasar induk Tana Mira maupun pemilik kelontongan sembako di seputaran kota Taliwang menjelaskan, kenaikan harga sembako di pedagang semata-mata karena mereka membeli dari agen penyuplai harganya sudah naik. Dengan demikian, kepada konsumen (pembeli) harga otomatis naik.

Atas harapan itu sendiri, pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perindagkop dan UMKM) tidak bisa dihubungi, lantaran pimpinannya sedang sakit. “Bapak sedang sakit, sehingga tidak bisa masuk kantor,” kata sejumlah stafnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Akhirnya, bus yang menjadi kantor berjalan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai dipergunakan. Kunjungan…