);

Harga Bawang dan Cabe Terus Merangkak Naik

Taliwang, KOBAR – Harga jual barang sembako di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih dalam kategori stabil, meskipun  pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), namun kecenderungan akan ada lonjakan harga sudah mulai terlihat.

Pantauan yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM), saat ini yang terus merangkak naik harga jual hanya bawang dan cabe. Meningkatnya harga kebutuhan itu sendiri tidak bisa dikaitkan dengan naiknya harga BBM, tetapi lebih pada menurunnya produksi, sementara permintaan terhadap bumbu masak itu tetap stabil.

Kepala Disperindagkop dan UMKM, Ir Lalu Muhammad Azhar yang dikonfirmasi menyampaikan, harga jual cabe merah keriting pada dua minggu terakhir ada pada kisaran Rp. 25 ribu perkilo, tetapi saat ini sudah tembus angka Rp. 40 ribu perkilo, begitu juga dengan cabe merah biasa juga sudah pada angka jual yang sama dengan cabe keriting.

Baca Juga :  Parkiran Alat Berat Milik PTBRL Diprotes Warga

Untuk bawah merah yang biasanya pada kisaran Rp. 13 ribu perkilo, saat ini sudah dijual pada angka Rp. 20 ribu perkilo, sementara bawang putih yang biasanya dijual Rp. 20 ribu perkilo, kini sudah berkisar pada Rp. 30 ribu perkilo, sementara untuk kemiri justru menurun harga jualnya, dimana sebelumnya Rp. 40 ribu perkilo, saat ini terjual dengan harga Rp. 35 ribu perkilo. “Harga jual itu hasil pemantauan yang dilakukan pada 10 Nopember lalu,” ucap Lalu Azhar.

Pemantauan yang kembali dilakukan pada senin 17/11 didapat laporan bahwa harga jual cabe dan bawang terus merangkak naik, bahkan saat ini sudah tembus diangka Rp. 65 ribu perkilo untuk harga jual cabe. Merangkak naik juga terjadi pada bawang, dimana saat ini terjual pada kisaran Rp. 50 ribu perkilo.

Diingatkan Lalu Azhar, melonjaknya harga jual cabe dan bawang bukan hanya terjadi di KSB, tetapi secara nasional, apalagi kita di KSB masih membutuhkan droping barang tersebut dari luar daerah. Harapannya, semoga harga jual bahan kebutuhan itu tidak terus melonjak. (kimt)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Material batu yang dipergunakan untuk pekerjaan pemasangan talud dan pembangunan bendung yang merupakan…