Gerakan Pramuka di Sumbawa Barat Akan Diperkuat

“Fud Syaifuddin Jabat Ketua Kwarcab Sumbawa Barat”

Taliwang, KOBAR – Musyawarah Cabang III, pengurus Kwartir Cabang Sumbawa Barat yang berlangsung di Ruang Sidang II Kantor Sekretariat Daerah, pekan kemarin, memberikan warna baru pada pucuk kepemimpinannya. Setelah periode kepengurusan 2010-2015, Kwarcab dipimpin oleh Drs Nurdin Nur, kepengurusan untuk tahun 2016-2021 dipimpin oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, yang terpilih secara aklamasi.

Ketua Muscab Pramuka Sumbawa Barat, H Amiruddin Abbas, mengungkapkan, sempat muncul beberapa figur dan diusulkan untuk menahkodai organisasi kepramukaan itu. Namun karena potensi Fud Syaifuddin yang dianggap inovatif, muda dan juga responsive, maka peserta sidang memberi kepercayaan kepadanya untuk mengemban amanat.

Ia menjelaskan, masih banyak cita-cita Kwarcab Sumbawa Barat yang tertuang dalam target kerja yang belum dilaksanakan oleh kepengurusan lama. Dengan semangat kepengurusan baru, diharapkan semua target bisa tercapai, salah satunya Kursus Pelatih Lanjutan (KPL) dan melahirkan pembina yang berkualitas.

“Harapan besar pada kepengurusan baru ini semoga mampu memujudkan yang dicita-citakan dan melengkapi kekurangan pengurusan lama. Salah satunya melahirkan pelatih. Karena syarat untuk menjadi Kwartir harus memiliki sedikitnya lima pembina yang sudah KPL, sementara KSB hanya memiliki tiga KPL. Kekurangan itu mudah-mudahan bisa di sempurnakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Terpilih, Fud Syaifuddin ST, mengatakan, bahwa dirinya akan terus berikhtiar memberikan yang terbaik dan mewujudkan harapan dari para penggiat Pramuka di bumi pariri lema bariri. Selain itu, lewat pramuka, akan dilakukan pembinaan generasi muda menjadi insan yang mulia sesuai amanat Dasa Dharma Pramuka.

“Dasa Dharma merupakan janji pramuka. Untuk itu, harus kita implementasikan agar bisa menjadi cermin bagi orang lain. Sehingga, pramuka benar-benar memiliki makna,” terangnya.

Fud berkomitmen siap untuk memperkuat gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa, mengajak segenap warga meraih keberhasilan dengan bekerja  ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh. Ia mengajak kaum muda untuk aktif berpartisipasi dalam event pembangunan, mempererat tali persaudaraan serta mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan.

“Saya berkomitmen untuk membawa pramuka di KSB menjadi bermartabat. Agar memiliki peran dalam pembangunan daerah maupun bangsa,” tandasnya.

Ditanya mengenai langkah awal, Fud mengatakan akan lebih intens terhadap Satuan Karya (Saka) yang merupakan salah satu bidang untuk mengembangkan potensi personal Pramuka, seperti Saka Bhayangkara.

“Dalam hal ini para anggota pramuka akan bersinergi dengan kepolisian setempat, apakah untuk belajar mengatur lalu lintas ataupun belajar mengenai disiplin,” demikian Fud Syaifuddin. (kjon/ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Satu lagi proyek mangkrak di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang bersumber dari  Dana Alokasi Khusus…