Dokter Spesialis Jiwa Telah Tersedia di RSUD KSB

Taliwang, KOBAR – Tingginya angka penderita gangguan jiwa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membuat Pemerintah setempat tak tinggal diam. Menurut catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB, per akhir tahun 2018, ada 282 Warga KSB yang menderita gangguan jiwa. Dan tidak kecil kemungkinan angka tersebut akan bertambah pada tahun ini.

Oleh karenanya, setelah sekian lama lowong, sejumlah dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ KSB ditambah. Dokter spesialis yang bertambah adalah dokter spesialis jiwa, dokter spesialis paru, dokter spesialis mata, dokter spesialis penanganan lansia, dan dokter spesialis anak. Tambahan dokter spesialis ini nantinya diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan di RSUD.

‘’Tantangan kita tahun ini adalah menghadapi akreditasi, masalah pembayaran BPJS, angka rawat inap yang kurang, ketersediaan kantong darah dan beberapa fasilitas lain. Namun indikator mutu pelayanan RSUD Asy-Syifa’ pada tahun 2018 telah sesuai standar mutu wajib nasional. Prioritas, sasaran keselamatan,  dan indikator lainnya di atas 80 persen,” beber dr Carlof, Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB, pada saat melaporkan kondisi RSUD kepada Bupati, di gedung Graha Fitrah.

Menanggapi kondisi terkini RSUD, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengaku bangga dengan tingkat pelayanan yang baik RSUD Asy-Syifa’. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para dokter spesialis yang bertugas di KSB. Di tengah keterbatasan yang ada, para dokter telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menjawab tantangan yang akan dihadapi RSUD, Bupati memastikan, bahwa pihaknya akan mendukung akreditasi akhir tahun 2019. Masalah ketersediaan darah, Palang Merah Indonesia (PMI) diminta terus bergerak dan akan terus didukung. Terkait BLUD, percepatan mewujudkannya juga akan didukung, agar pengelolaan rumah sakit semakin baik.

‘’Soal target kunjungan rawat inap yang kurang, hal tersebut masih bisa dipahami,” tutup Bupati. (klar)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“Bupati Berjanji Tetap Bergerak” Taliwang, KOBAR - Nadine Alexandra Dewi, Putri Indonesia tahun 2010, yang…