Dirjen PUM Kemendagri Tengahi Konflik Tapal Batas

Taliwang, KOBAR – Perbedaan persepsi soal tapal batas antara pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan Kabupaten Sumbawa (KS) belum rampung, lantaran KS sebagai kabupaten induk tidak menerima keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) nomor 298 Tahun 2009 tentang penegasan batas wilayah administrasi pemerintahan.

Bahkan keputusan gubernur NTB itu digugat melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Meskipun dinyatakan kalah atas gugatan, kabupaten induk itu belum pasrah, sehingga harus berlanjut sampai menurunkan Direktorat Jendral Pemerintah Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen PUM Kemendagri).

Hadir dalam verifikasi dan survey ordinat kasie batas antar daerah wilayah 2a, Siti Mefrianda, ST MSi, sejumlah pejabat perwakilan provinsi NTB, pejabat perwakilan KSB dan KS juga terlihat di lokasi. Saat berada di lokasi dilakukan survey pada 4 titik yang ditengarai sebagai perbatasan antara wilayah KS dengan KSB, yaitu antara Batu Guring dan wilayah Sumur H Ako.

Siti Mefrianda pada kesempatan itu menegaskan, jika mengacu pada aturan pemerintahan, penetapan tapal batas antar wilayah harus sudah selesai setelah 5 tahun dilakukan pemisahan wilayah. “Seharusnya sudah ada keputusan penetapan tapal batas pada tahun 2008 lalu lalu, jika KSB terbentuk sejak tahun 2003,” ucap Mefrianda.

Mefrianda juga mengingatkan kepada masing-masing daerah untuk menerima apapun hasil keputusannya nanti. Dirjem Pum dan rombongan langsung bertolak menuju Mataram, karena akan dilanjutkan dengan pembahasan dengan melibatkan dua pihak untuk mencari kesepakatan

Jika merunut pada sejarah, tapal batas KSB dengan kabupaten induk berada pada perbatasan di Sumur H Ako dan Pulau Kalong. Dasar hukumnya, merujuk pada Undang-undang (UU) nomor 30 tahun 2003 tentang pembentukan KSB, dimana Pulau Kalong masuk dalam wilayah KSB yang diperkuat oleh Keputusan Gubernur NTB. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Berbagai bantuan telah dikucurkan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mengembangkan dunia pertanian,…