Dewan Siap Ikut Kejar Deviden

Taliwang, KOBAR – Perjuangan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mengejar hak atas deviden kepemilikan saham terhadap PT. Daerah Maju Bersaing (DMB) mendapat dukungan penuh dari DPRD KSB, bahkan siap untuk ikut untuk memanggil perusahaan itu untuk dimintai kepastian waktu pembayaran piutang tersebut.

Ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir ST, MM yang dikonfirmasi sejumlah wartawan dalam ruang kerjanya pada rabu 24/9 menegaskan, deviden atas kepemilikan saham adalah hak pemerintahan, jadi DPRD KSB sebagai bagian pemerintahan memiliki andil untuk ikut mengejar dan mendapatkan hak tersebut.

Diakui Nasir sapaan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, selama ini memang peran langsung DPRD tidak maksimal, jadi bukan tidak dilibatkan, namun untuk komposisi sekarang wajib akan terlibat secara langsung untuk mendapatkan pembayaran atas piutang saham tersebut. “Saya bisa pastikan, seluruh anggota Dewan pasti siap untuk membantu eksekutif untuk mendapatkan pembayaran deviden,” ucap Nasir.

Tahapan yang harus menjadi perhatian nanti, DPRD KSB akan mengajak Bupati untuk menggelar rapat kerja membahas langkah yang akan dilakukan, termasuk pembagian tugas untuk mengejar deviden. “Kami sudah siap untuk ikut berpartisipasi langsung mengejar hak atas deviden, tinggal dibahas dengan Bupati bentuk langkah yang harus dilakukan,” lanjut Nasir.

Pembahasan soal pembagian tugas dan kewenangan sangat perlu, agar tidak ada salah langkah yang berujung pada kembali tidak terbayarnya deviden. “Totalitas upaya yang perlu dimaksimal dalam tahun ini, deviden maupun adven deviden tahun 2014 harus terbayarkan, dimana jumlahnya tagihan cukup besar mencapai Rp. 43 miliar,” timpal Nasir.

Mentok pembayaran deviden telah berujung pada tersendatnya pembayaran Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), termasuk pembayaran uang transportasi bagi Pegawai Tidak Tetap (PTT). Belum terbayar deviden tidak mempengaruhi proses pembangunan, karena dana deviden tidak dipergunakan untuk pelaksanaan program pemerintahan.

Untuk informasi, Bupati KSB beberapa waktu lalu telah berhasil bertemu dengan Nirwan Bakri selaku penanggung jawab PT. Multy Capital, selaku perusahaan kongsi dengan PT. DMB untuk membentuk PT. Multy Daerah Bersaing (MDB) dalam melakukan akuisisi saham milik PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT).

Informasi yang diterima media ini sudah ada sinyal baik, terbukti dengan perintah yang disampaikan Bupati KSB kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) untuk menindaklanjuti secara tekhnis. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diminta untuk lebih serius dalam mengantisipasi dampak kekeringan…