Demi Raup Uang, Oknum Pejabat Kecamatan Nekat Palsukan DPA

Sekongkang, KOBAR – Oknum pejabat dalam lingkup pemerintah kecamatan Sekongkang diduga telah membuat Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) palsu. Adapun DPA yang dipalsukan itu adalah milik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Dalam DPA palsu itu tertuang beberapa item pekerjaan khusus dalam penataan bandara Sekongkang, pekerjaan pengadaan mobil pemadam kebakaran dan beberapa pekerjaan lain, dimana semua pekerjaan itu akan dilaksanakan Dishubkominfo dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional bandara Sekongkang.

Atas kelihaian memalsukan DPA, HF, yang menjabat sebagai kasi trantib pada kecamatan Sekongkang itu berhasil meraup uang puluhan juta dari salah seorang pengusaha yang telah dijanjikan akan mendapatkan paket pekerjaan. Pengusaha itu merasa yakin setelah mendapat salinan DPA palsu dari oknum yang bersangkutan.

Dalam memuluskan niatnya, DPA yang dipergunakan itu ada tanda tangan sejumlah pejabat berwenang yang masuk dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), jadi kuat dugaan bahwa tanda tangan itu palsu, apalagi setelah diketahui bahwa beberapa item pekerjaan yang tertuang dalam DPA tidak teranggarkan pada tahun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015.

Camat Sekongkang, Sirajuddin, yang dikonfirmasi melalui selulernya, selasa 13/1 kemarin, mengaku bahwa laporan itu sedang ditindak lanjuti dengan mengumpulkan beberapa bukti, termasuk berencana memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan, jadi untuk saat ini ia belum bisa memberikan keterangan terlalu jauh sebelum mendapatkan keterangan dari berbagai pihak, termasuk yang merasa dirugikan.

Meskipun dicerca dengan berbagai pertanyaan, Sirajuddin tetap menghindar untuk memberikan keterangan lebih rinci terkait masalah tersebut, selain memberikan jaminan akan menjelaskan kasus tersebut setelah dirinya selesai melakukan penyelidikan secara internal, termasuk setelah mendapat keterangan dari berbagai pihak. ”Tunggu saja setelah saya selesai melakukan penyelidikan baru bisa memberikan keterangan secara pasti,” tandasnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Informasi adanya aktifitas pembangunan Alfamart di kecamatan Seteluk telah ditindaklanjuti Dinas Perindustrian Perdagangan…