);

Bupati Telah Kantongi Nama Calon Sekda KSB

Firin: Saya Tidak Suka Diintervensi, Tunggu Saja Tanggal Mainnya

Taliwang, KOBAR – Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengakui telah mengantongi tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) untuk ditetapkan menjadi satu yang terbaik. Tiga nama tersebut adalah kandidat dengan rangking teratas hasil seleksi Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Tinggi Pratama.

“Kita sudah ambil ancang-ancang untuk segera melantik salah satu dari ketiga calon tersebut. Insya Allah, penetapannya akan dilakukan di minggu ketiga bulan Agustus ini. Cuma, kepastian mengenai waktu, tanggal dan tempat, belum dibahas,” ungkap Bupati.

Sejak pendaftaran calon Sekda dibuka, enam pejabat eselon II ikut mendaftar. Mereka adalah Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat sekaligus Plt Sekda Sumbawa Barat, Abdul Azis SH MH, Kepala Bappeda, Dr Ir H Amry Rakhman MSi, Staf Ahli Bupati Bidang Kemayarakatan dan SDM, Drs Burhanuddin, Kepala BPM LH Kabupaten Sumbawa, Ir Dirmawan, Staff ahli Bupati KSB Bidang Hukum dan Politik, Hirawansyah SH MH, dan Staf Khusus Bupati KSB, Drs Nurdin Nur. Hanya saja, kendati keenam calon itu dinyatakan lulus, tetapi hanya tiga calon yang ditetapkan Pansel memiliki nilai terbaik.

Baca Juga :  Kebijakan Konversi Mitan Ke Gas Jadi Celah Bermain Oknum Tertentu

“Tiga nama memang sudah kita kantongi. Ketiganya memiliki peluang yang sama untuk memperebutkan kursi Sekretaris Daerah,” ujar Bupati lagi.

Memang, sambung Bupati penentuan terhadap siapa saja yang akan mengisi jabatan tersebut merupakan hak prerogatif dirinya. Kendati demikian, pejabat yang nantinya menduduki jabatan itu tidak dinilai berdasarkan kedekatan emosional, politis maupun balas budi.

“Saya tak mau terjebak dalam intervensi dari siapapun. Jabatan sekda itu vital. Sosoknya harus betul-betul memenuhi kapasitas,  profesional dan memiliki etos kerja yang tinggi,” timpalnya.

Saat ditanya mengenai ketiga nama calon Sekda tersebut, Bupati awalnya enggan menanggapi. Namun, setelah awak media terus menanyakannya, Bupati akhirnya luluh hingga membeberkan ketiga nama itu.

“Yang jelas ketiga pejabat eselon II tersebut merupakan pamong senior di Pemkab Sumbawa Barat. Berdasarkan abjad, ketiganya adalah, Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat, Abdul Azis SH MH, Kepala Bappeda, Dr Ir H Amry Rakhman MSi dan Staf Khusus Bupati, Drs Nurdin Nur,” bebernya.

Baca Juga :  Pemerintah Giatkan Pertumbuhan Wirausaha Baru dengan Pelatihan

Menurut Bupati, yang sangat dibutuhkan Kabupaten Sumbawa Barat saat ini adalah pejabat yang memenuhi kapasitas dan profesional dalam bekerja. Termasuk memiliki kualitas, kapabilitas dan integritas untuk dapat mendampingi Bupati dan Wakil Bupati menjalankan roda pemerintahan.

“Ketiga kandidat sudah memiliki itu. Namun satu yang terbaik butuh waktu untuk menetapkannya. Tunggu saja tanggal mainnya,” tandas Bupati, seraya tersenyum kecil. (ktas/kjon)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dikabarkan dalam waktu dekat…