Bupati KSB: UN Adalah Ujian Mental Bangsa

Taliwang, KOBAR – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengapresiasi upaya dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) setempat dalam menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat, 4 April mendatang. Menurut Bupati, UN tidak hanya sebagai wahana penilaian siswa, tapi juga sebagai wahana pengembangan kejujuran dan ujian mental para pelajar.

“Seperti dalam ujian nasional, selain prestasi, kejujuran menjadi nilai utama,” kata Bupati dalam sambutannya pada acara Doa Bersama yang melibatkan seribuan siswa SMA/MA/SMK se-KSB  di Masjid Agung Darussalam, kompleks kemutar telu center (KTC), belum lama ini.

Bupati menegaskan, pentingnya semua pihak sebagai garis terdepan dalam upaya revolusi mental, untuk membentuk karakter bangsa yang berintegritas. Karena itu, semua pihak harus memastikan dunia pendidikan sebagai zona berintegritas, tanpa kebohongan dan kecurangan di dalamnya.

“Hal-hal itu tidak boleh ada, sehingga anak-anak akan terdorong untuk mengandalkan hasil belajar dan kerja kerasnya sendiri,” tandasnya.

Bupati kembali menegaskan pentingnya mengutamakan kejujuran. Apalagi UN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana salah satu perbedaan adalah hasil UN tidak lagi dipergunakan untuk menentukan kelulusan peserta didik. Namun, digunakan untuk pemetaan mutu program serta satuan pendidikan.

“Kami optimis para siswa bisa mengerjakan soal-soal ujian tersebut dengan baik, asalkan para siswa tersebut lebih mengedepankan faktor kejujuran selama mengerjakan soal ujian,” demikian Bupati. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Manurung: Masih Ada Yang Senang Miskin Taliwang, KOBAR - Meningkatnya jumlah masyarakat penerima program bantuan kemiskinan dari…