Bupati KSB Adakan Sayembara Berhadiah

Taliwang, KOBAR – Momentum perayaan Hari Lahir (Harla) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ke-13 yang jatuh pada tanggal 20 November mendatang nampaknya tidak hanya akan dimeriahkan dengan parade seni budaya saja. Tetapi, penulisan karya ilmiah mengenai manfaat dan dampak dari Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PGPGR) akan turut diperlombakan.

“Ya, saya sudah menginstruksikan Plt Sekda untuk mengagendakannya di Harla mendatang. Kegiatan ini penting untuk dapat mengetahui sejauhmana pemahaman masyarakat tentang program tersebut,” ungkap Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM.

Dijelaskannya, lomba penulisan karya ilmiah mengenai manfaat dan dampak dari Program PDPGR ini akan dibagi menjadi tiga kategori, yakni tingkat Pelajar, Mahasiswa dan Umum. Peserta lomba karya tulis nantinya bisa menggunakan referensi tulisannya berdasarkan catatan media cetak, dan bisa bertanya langsung dengan aparatur pemerintah.

“Pemenang yang ditetapkan nanti  akan mendapatkan penghargaan dari Pemkab berupa uang pembinaan, termasuk akan mempublikasikan hasil karya tulis pemenang di berbagai media, baik cetak maupun elektronik,” timpalnya seraya menambahkan, para peserta didalam karya tulisnya bisa mencurahkan segalanya. Termasuk harapan dan kritikan terhadap pelaksanaan program tersebut.

Seperti diketahui, Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) Kabupaten Sumbawa Barat sudah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh DPRD setempat pada 25 April 2016. Program ini lebih menitik beratkan pada penyediaan ruang dan penegasan arah penguatan gotong royong sebagai tata nilai dan cara mencapai tujuan dengan dilandasi semangat Ikhlas, Jujur, dan Sungguh-sungguh (IJS). Sementara tujuan yang ingin dicapai adalah, mengoptimalkan gotong royong sebagai sarana revolusi mental masyarakat dan aparatur dalam pembangunan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menata dan memelihara lingkungan fisik dan sosial budaya guna terjalinnya solidaritas dan kebersamaan sosial. Melakukan pemberdayaan masyarakat dalam melaksanakan program/kegiatan sosial ekonomi produktif guna peningkatan kapasitas kegiatan dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat, serta melaksanakan Program/Kegiatan pembangunan yang dapat memberikan kesempatan kerja dan produktivitas kegiatan guna peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi wilayah. (kjon/ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Teka-teki siapa yang akan menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai terjawab. Pasalnya,…