BPMPD Rampungkan Perbup Pengelolaan Keuangan Desa

Taliwang, KOBAR – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) telah merampungkan Peraturan Bupati (Perbup) yang akan mengatur tentang tata cara pengelolaan keuangan Desa, bahkan draf tersebut sudah pada proses di bagian Hukum untuk pengesahannya.

Kabid Pemerintah Desa (Pemdes), Abdul Muis S.Sos, MSi yang ditemui dalam ruang kerjanya selasa 26/8 kemarin mengaku, Perbup itu mengadopsi apa yang menjadi semangat Undang-undang (UU) nomor 6 tentang Desa, dimana ada beberapa hal penting yang harus dilakukan desa bersama Badan Perwakilan Desa (BPD).

Masih keterangan Muis sapaan akrabnya, Perbup itu juga akan membahas tentang managemen akuntabel, tata kelola dan pelaksanaan anggaran di desa. “Pelaksanaan pemerintah desa nanti berbeda dengan saat ini, dimana ada peran penting pemerintah desa dengan BPD dalam pengelolaan keuangan bantuan dari pemerintah pusat,” timpal Muis.

Diingatkan Muis, setiap program yang dilaksanakan harus dibuktikan dengan pelaporannya. Jika tidak ada pelaporan, maka pemerintah desa tidak bisa mencairkan anggaran yang telah tersedia tersebut. “Apa yang dilaksanakan pemerintah desa dengan anggaran yang lebih awal cair harus terlapor, jika tidak ada pelaporan maka tidak bisa mencairkan anggaran lanjutannya,” terang Muis.

Dibeberkan Muis, selama ini nyaris tidak terlalu terlibat BPD dalam proses pembangunan desa, kecuali untuk membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Jabatan (LKPJ) kepala desa, sementara nanti justru BPD dengan kades berperan penting untuk mengelola keuangan yang menjadi tanggung jawabnya. “BPD harus melakukan rapat evaluasi program bersama masyarakat dan dibuatkan pelaporan, agar bisa proses pencairan lanjutan,” lanjut Muis.

Perbup yang memuat tentang beban tugas kades dengan BPD itu akan disosialisasikan setelah ditanda tangani Bupati, sehingga bukan hanya pemangku jabatan yang tahu tentang aturan, namun masyarakat umum juga diberikan kewenangan untuk mengetahui beban tugas tersebut, agar bisa melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program di desa.

“Saya punya semangat semua desa bisa melaksanakan tata kelola keuangan dengan baik, agar setiap tahun bisa mendapatkan dana bantuan pusat,” harap Muis. (Kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) untuk tahun 2014 ini belum melaksanakan program yang…