Bantuan Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Dikurangi

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tak lama lagi akan pengumumkan hasil verifikasi penerima beasiswa Pemerintah Daerah (Pemda). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) setempat melaporkan, bahwa jumlah mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin. Disamping itu, nominal  yang akan diterima para mahasiwa tahun ini juga akan lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin.

“Untuk diketahui bahwa jumlah penerima beasiswa Pemda tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin. Tahun kemarin jumlah Mahasiswa yang menerima dan yang lolos verifikasi sebanyak 1.400 mahasiswa. Sedangkan tahun ini hanya 1.100 mahasiswa yang mendaftar. Dan kemungkinan jumlah uang yang akan diterima tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun kemarin, sebab pengajuan penambahan anggaran untuk itu ditolak, dikarenakan adanya musibah gempa bumi yang melanda daerah ini,” ungkap Drs Tajuddin MSi, Kepala Dinas Dikpora KSB, kepada awak media ini.

Menurutnya, memang kalau mengacu ke nominal yang ditetapkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 42 Tahun 2016, Bab  V, Pasal 7, disebutkan, bahwa nominal beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang tidak mampu adalah;  Bagi Mahasiswa Diploma dan S1 diberi bantuan biaya pendidikan setinggi-tingginya Rp 3.000.000 per orang per tahun, Rp 10.000.000  untuk Mahasiswa S2, dan Rp 15.000.000 untuk Mahasiswa S3. Namun untuk tahun ini jumlah uang yang akan diterima penerima beasiswa dikurangi sebagiannya.

“Apa boleh buat, karena kondisi daerah yang lagi berduka, sekitar setengahnya saja dari jumlah maksimal itu yang akan diberikan kepada para mahasiswa untuk tahun ini,” tutup Tajuddin. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyatakan bahwa rencana konversi dari minyak tanah (Mitan)…