APBD KSB Tahun 2016 Disuntik Royalti Newmont Rp 365,8 M

Amin Sudiono: Dividen DMB Masih Tetap Dikejar

Taliwang, KOBAR – Penerimaan Royalti Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dari dana bagi hasil sumber daya alam mineral dan batu bara di tahun 2016 ini menembus angka fantastis. Tak tanggung-tanggung, nilai anggarannya mencapai Rp 365.813.092.000 dari jumlah tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 28 Miliar. 

Penambahan jumlah ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 137 tahun 2015 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016, tanggal 27 November 2015.

Dalam peraturan tersebut mengatur Rincian Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Mineral dan Batu bara menurut Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Besaran royalti untuk Kabupaten Sumbawa Barat terdiri dari Iuran tetap dan Royalti.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Sumbawa Barat, Ir Amin Sudiono MM, membenarkan hal itu. Ia menyatakan besaran dana yang diterima pemerintah KSB Rp 5.028.103.000 untuk iuran tetap dan royalti sebesar  Rp 360.813.092.000.

“Jumlah royalti yang diterima itu besarannya berdasarkan prediksi penerapan UU Minerba Nomor 4 tahun 2009. Rincian persentasenya meliputi, emas 3,7 %, Tembaga 7% dan Perak 4 %,” ungkapnya.

Menurut Sudiono, penambahan jumlah royalti ini akan disesuaikan dengan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun ini. Anggaran ini pula nantinya akan menunjang kegiatan skala prioritas daerah berdasarkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Anggarannya akan disesuaikan dengan visi-misi bupati terpilih dengan memperhatikan skala prioritas program,” cetusnya.

Sudiono juga mengaku jika sejauh ini masih terus melakukan upaya penagihan terhadap tunggakan dividen PT Daerah Maju Bersaing (PTDMB).

“Meski  tidak lagi masuk di APBD 2016 ini, upaya penagihan masih tetap dilakukan. Kita optimis tunggakan tersebut akan mampu dilunasi PTDMB,” tandasnya. (ktas/krom)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

One thought on “APBD KSB Tahun 2016 Disuntik Royalti Newmont Rp 365,8 M

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Intensitas aksi unjuk rasa yang dilakukan element masyarakat yang menamakan dirinya Gerakan Masyarakat Anti Korupsi…