);

KSB Sukses Gelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi NTB

Taliwang, KOBAR – Bertempat di Pantai Balad, Kecamatan Taliwang. Tahun ini, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi tuan rumah Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (29/9). Kegiatan yang ke-17 kalinya ini, diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTB, bekerjasama dan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di NTB. Pantauan media ini, acara berlangsung meriah dan dipadati pengunjung.

Acara dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, Kadis Perikanan Provinsi NTB, H Lalu Hamdi, Dandim 1628/SB, Letkol Czi Eddy Oswaronto ST, Waka Polres KSB, Kompol Teuku Ardiansyah SH, Sekda KSB, H Abdul Azis SH MH, Asisten II, Dr Ir H Amry Rakman Msi, Kasdim 1638/SB, Mayor Ifn Achmad Nurodin Hidayat SSos, para pimpinan SKPD KSB, para Camat se KSB, Ketua PKK Sumbawa Barat, Hj Hanifah Musyafirin, dan Tim penggerak PKK Kecamatan, serta para tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Laju Alfamart Tak Bisa Dibendung
Bupati Sumbawa Barat dan Ketua Tim Penggerak PKK KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM, dan Hj Hanifah Musyafirin, bersama Kadis Perikanan Provinsi NTB, H Lalu Hamdi, dan rombongan.

Aneka ragam menu masakan dari ikan yang disajikan oleh para peserta lomba dari 9 Kabupaten/Kota di NTB. Lomba ini menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam rangka meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi ikan, dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan. Disampaing untuk untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, juga untuk menekan stunting,  dan membudayakan gemar makan ikan sejak usia dini.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, berpesan, agar setiap individu di setiap daerah mesti rajin mengkonsumsi ikan, terutama anak-anak. Agar persoalan stunting bisa ditekan, dan gemar makan ikan bisa jadi budaya.

“Lomba masak ikan ini adalah media saja, untuk memberikan arahan ke masyarakat akan pentingnya kita mengkonsumsi ikan,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, bahwa volume konsumsi ikan di kalangan masyarakat baru mencapai kurang lebih 45 Kg ikan per tahun, dan itu masih jauh dari cukup.

Baca Juga :  Insentif Agen PDPGR Yang Akan Dibebankan Ke APBDes Disoal

“Di KSB, kami berharap melalui ibu-ibu PKK, supaya gemar makan ikan ini selalu disosialisasikan. Agar supaya bisa digemari oleh anak-anak kita. Sebab KSB merupakan daerah yang angka stuntingnya paling rendah di NTB,” tukas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Provinsi NTB, H Lalu Hamdi, dalam pidatonya, menjelaskan, bahwa pemenang lomba masak serba ikan Tingkat Provinsi ini, selanjutnya akan mewakili NTB di Lomba tingkat Nasional

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ketua penggerak PKK yang sudah menyiapkan segalanya. Senada dengan Pak Bupati, kami juga mengajak kita semua agar gemar makan ikan. Supaya angka stunting bisa ditekan, dan tingkat kesehatan masyarakat NTB bisa meningkat,” demikian, H Lalu Hamdi.

Sebagai juara favorit lomba masak serba ikan kali ini, diraih oleh Kota Mataram. Juara Pertama, Kota Bima. Juara Kedua, Kota Mataram.  Dan Juara Ketiga, Kabupaten Lombok Barat. (adv/kras)

Bagikan di :

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK