40 Persen Tanah Milik Pemkab Sumbawa Barat Belum Bersertifikat

Taliwang, KOBAR – Bagian Aset Sekretariat Daerah (Setda) Sumbawa Barat mengakui masih ada sejumlah aset tanah milik Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang belum seluruhnya bersertifikat.

“Memang belum seluruh aset milik Pemda bersertifikat. Aset yang belum itu pada umumnya berupa tanah, maka itu harus menjadi perhatian yang serius,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Aset Setda Sumbawa Barat, Muhammad Yusuf SIP.

Jumlah aset tanah yang belum bersertifikat itu mencapai 40 persen dari total 500 hektar tanah milik Pemkab setempat. Aset tersebut tersebar di beberapa wilayah, termasuk beberapa tanah gedung sekolah atau aset atas penyerahan personil dan  peralatan daerah (P3D).

“Jumlah aset berupa tanah yang belum disertifikasi itu hampir sama banyak dengan yang sudah disertifikasi,” imbuhnya.

Ia tak memungkiri aset merupakan sesuatu yang sangat penting bagi suatu daerah. Terlebih itu menyangkut tanah yang merupakan aset tak bergerak, kejelasan sta­tusnya yang dibuktikan de­ngan keberadaan sertifikat, diharapkan tidak menim­bulkan persoalan dan seng­keta di belakang hari.

Menurut Yusuf, Pemkab setiap tahunnya  mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta untuk pembuatan sertifikat atas aset yang dimiliki. Meski demikian besaran anggaran itu hanya mampu untuk menyertifikatkan sekitar 30 hingga 40 bidang tanah per tahunnya.

“Untuk urusan sertifikat ini kan tergantung jenis dan luas tanah yang dimohonkan. Biayanya juga tergantung ukuran dan letak tanah,” jelasnya.

Pihaknya, tambah dia, sejauh ini telah melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat terkait proses sertifikasi aset daerah. Hal ini sebagai tindak lanjut validasi oleh petugas sejak beberapa waktu lalu. Termasuk untuk menghindari kemungkinan terjadinya gugatan atas aset tersebut.

“Kami terus berupaya melakukan pembenahan dan menata aset, khusus aset yang belum bersertifikat ini. Dan kami menargetkan seluruhnya rampung dalam kurun waktu 2 tahun ke depan,” pungkasnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Pemerintah Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Seteluk hingga saat ini dilaporkan belum mencapai kata…