3 Pantai di Kota Taliwang Akan Dipermak Menjadi “Kawasan Wisata Terpadu”

Taliwang, KOBAR – Impian masyarakat Sumbawa Barat akan pantai kota yang asri dan tertata rapi nampaknya akan segera terwujud. Sinyal positif atas rencana penataan kawasan pantai kota terpadu sebagai lokasi wisata lokal pun telah disetujui Bupati. Hal ini dinilai positif, dimana pemerintah memang serius dengan program pembangunan kawasan pariwisata daerah.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumbawa Barat, Muhammad Saleh, menyatakan, gagasan untuk menjadikan 3 pantai seperti pantai Balat, Pantai Penisi dan Pantai Poto Batu sebagai kawasan wisata pantai terpadu telah disetujui secara lisan oleh Bupati Sumbawa Barat.

“Ya, Bupati memberikan sinyal positif untuk mengelola ketiga pantai itu,” ungkap Saleh.

Target penataan ketiga pantai tersebut lanjut Saleh, dimulai dengan mempertimbangkan penataan kawasan pantai Balat agar lebih apik. Hal yang tidak kalah penting dari sekedar penataan adalah upaya pembebasan lahan di kawasan pantai Balat oleh pemerintah, sehingga dalam proses pelaksanaan proyek nantinya tidak akan timbul masalah terkait kepemilikan lahan oleh masyarakat.

“Seluruh aspek akan dipertimbangkan, termasuk pembebasan lahan masyarakat,” terangnya.

Pihaknya menurut Saleh, telah mendapatkan informasi mengenai pihak-pihak yang menyanggupi pengelolaan kawasan Pantai Poto Batu dan Pantai Penisi. Dengan berbekal rencana pembangunan yang jelas tertuang dalam program daerah, nantinya seluruh investor akan dirangkul untuk memastikan seluruh rencana pembangunannya dapat dilaksanakan.

“Memang informasi dari Bupati, Newmont telah bersedia menata Poto Batu, dan ada investor lain yang juga menyanggupi investasi di Pantai Penisi,” kata Saleh.

Guna merealisasikan kerjasama tersebut, pihaknya akan berupaya membangun komunikasi intensif  dengan investor yang telah menyanggupi pengelolaannya.

Disaat yang sama, Saleh juga menyatakan pelaksanaan program akan disesuaikan dengan waktu pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) mendatang. Dengan demikian, ruang pembahasan dan persiapan rencana pengembangan tiga kawasan ini dapat dimaksimalkan dengan anggaran yang tersedia.

“Ya, pelaksanaannya akan kami sesuaikan dengan APBD Perubahan,” imbuhnya.

Dengan tetap berharap program akan terlaksana, pihaknya optimis rencana pembangunan kawasan pantai kota terpadu ini juga menjadi program prioritas di tahun ini.

“Kami optimis bisa terlaksanana, dan kami akan masukkan kegiatan program ini dalam salah satu skala prioritas dinas,” terangnya.

Dirinya juga berharap seluruh pihak mulai dari instansi terkait, investor dan masyarakat tentunya dapat bekerjasama dalam membangun pariwisata Sumbawa Barat yang lebih maju. Sehingga kedepannya ekonomi masyarakat sekitar kawasan wisata pantai menjadi lebih baik.

“Kami sangat berharap semua pihak khususnya masyarakat dapat bekerjasama nantinya,” demikian Saleh. (krom)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Tentu kita tidak asing dengan ungkapan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak…