3 Hari Berturut-turut, Wakil Bupati Pantau Pelaksanaan UN SLTP di KSB

Fud: Hargai Jerih Payah Orang Tua dengan Prestasi

Taliwang, KOBAR – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), Drs Mukhlis MSi, serta beberapa pejabat non-struktural, tiga hari berturut-turut memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), baik negeri maupun swasta.

Di hari pertama, Senin (9/5), Wabup memantau pelaksanaan UN di tiga sekolah yang kesemuanya berada di dalam Kota Taliwang meliputi, SMPN 1 Taliwang, SMPN 3 Taliwang dan dan MTsN Taliwang. Sedangkan di hari kedua, Selasa (10/5) pemantauan dilakukan ke wilayah lingkar tambang meliputi, SMPN 1 Jereweh, SMPN 1 Maluk dan SMPN 1 Sekongkang. Dan pada hari ketiga, Rabu (11/5), di SMPN 1 Brang Rea, SMPN 4 Brang Rea, SMPN 6 Taliwang dan SMPN 1 Brang Ene.

Wakil Bupati bersama rombongan memantau langsung dari dekat pelaksanaan UN. Aksinya pun mendapat pengawalan ketat dari pengawas ujian. Usai melihat secara langsung, Wabup memberi motivasi agar peserta UN mengutamakan kejujuran, tidak gegabah dan juga tidak asal cepat selesai dalam pengerjaan soal ujian.

“Harus teliti, karena ujian hari ini nenentukan nasib untuk lanjut sekolah ke tingkat SMA. Tidak usah gegabah apalagi terlalu percaya diri dalam menjawab setiap lembar soal. Teliti dan pahami apa maksud dari pertanyaan yang ada di lembaran soal,” katanya di hadapan para siswa.

Selain itu, yang terpenting adalah meneguhkan semangat diri dalam menghadapi UN dengan rajin belajar dan berdoa. Ketika sudah melakukan hal tersebut, maka sikap Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh akan tumbuh. Ketika itu tumbuh, maka, Insya Allah, target lulus dengan angka 100 persen bisa tercapai.

Untuk melaksanakannya, siswa diharapkan harus mengatur waktu belajar dan menjaga kesehatan. Ini agar mudah dalam menjawab soal serta hasilnya memuaskan.

Wabup berharap UN tahun ini bisa memperoleh hasil yang memuaskan, yakni para peserta UN SMP/MTs lulus 100 persen.

“Kita berharap pelaksanaan UN tahun ini berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan, yakni siswa peserta UN SMP/MTs  dapat lulus 100 persen,” ucapnya.

Wabup memberikan apresiasi kepada siswa atas semangatnya mengikuti UN. Semangat lulus 100 persen harus di pelihara sebagai pelecut semangat untuk tetap fokus menjawab soal dan lulus dengan nilai memuaskan.

“Kerjakan semua soal yang ada dengan tenang. Jangan terburu-buru. Biar semua lulus dengan nilai terbaik dan lulus 100 persen,” himbaunya.

Wabup juga mengingatkan, saat ini, orang tua menunggu hasil terbaik. Untuk itu, para siswa diminta bersungguh-sungguh dan teliti dalam menjawab soal. Agar, cucuran keringat orang tua dibalas dengan sebuah keberhasilan.

“Hargai orang tua dengan sebuah prestasi. Ini bukti bahwa kita tidak menyia-nyiakan jerih payahnya,” tukasnya.

Orang nomor dua di Bumi Pari Lema Bariri ini menambahkan, kunjungan tersebut akan rutin dilakukan setiap tahun, tidak lain untuk memberikan suntikan penyemangat kepada para siswa  yang melaksanakan UN.

“Kunjungan ke tiap sekolah akan menjadi agenda rutin. Selain memantau siswa, juga memantau secara umum tentang pelaksanaanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbudpora Sumbawa Barat, Drs Mukhlis MSi, mengaku, secara umum semua tahapan UN meliputi pengambilan naskah UN, penyimpanan, penditribusian, koordinasi, komunikasi dan sinergi dengan aparat dari kepolisian berlangsung lancar tanpa kendala. Bahkan, untuk menjaga kelancaran khususnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan managemen PLN Ranting Taliwang.

“Kami berharap pelaksaan UN berlangsung aman tanpa gangguan apapun. Mudah-mudahan nantinya sukses dan lulus semua,” demikian Mukhlis. (kjon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbawa Barat menjadi instansi yang paling subur…